Lurah Tirtajaya Depok Imbau Warga Bantaran Sungai Ciliwung untuk Waspada

DEPOK – Warga Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, khususnya yang bertempat tinggal di wilayah bantaran sungai Ciliwung diminta agar selalu waspada. Pasalnya, di musim penghujan kawasan tersebut sering dilanda banjir.

Lurah Tirtajaya, Mohammad Imron menuturkan, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada warganya yang berada di bantaran sungai Ciliwung agar mewaspadai banjir kiriman dari Bogor.

“Termasuk mengimbau mereka agar menebang pohon yang rawan tumbang. Berkaca pada kejadian belakangan ini, di mana saat terjadi hujan deras disertai angin kencang, banyak rumah-rumah rusak akibat diterjang banjir dan timpaan ranting maupun dahan pohon sekitar rumah,” ujarnya, Jumat (29/10).

Dia menambahkan, sejak beberapa bulan terakhir ini cuaca di Kota Depok sedang kurang baik. Hampir setiap hari terjadi hujan dan sesekali disertai angin kencang.

“Untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang tidak stabil ini warga diharapkan ekstra waspada, mulai dari mewaspadai potensi banjir di kali Ciliwung hingga potensi tumbangnya pepohonan sekitar rumah yang rawan tumbang,” terangnya.

Dia menjelaskan, banjir di kawasan bantaran sungai Ciliwung, khususnya di RT 08, RW 02, Kelurahan Tirtajaya diprediksi akan terjadi, kalau debit air sungai mulai meninggi.

“Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, banjir akan terjadi apabila debit sungai Ciliwung mulai tinggi. Karena saat ini intensitas hujan cukup tinggi, terutama mengantisipasi banjir kiriman dari Bogor, maka warga diimbau untuk selalu waspada,” katanya.

Terakhir, dia juga meminta warga setempat agar selalu mengadakan kerja bakti untuk mencegah terjadinya banjir. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan