Cianjur Terima Dana Hibah Sebesar Rp 157 T Untuk Pembangunan Sarana Prasarana Penunjang DOB

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menargetkan pembangunan wilayah bagian selatan, tidak hanya infrastruktur jalan dan jembatan, tetapi termasuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang untuk calon pemerintahan kabupaten baru atau daerah otonomi baru (DOB) Cianjur Selatan.

Wakil Bupati Cianjur TB Mulyana Syachrudin di Cianjur, mengatakan seiring bergulirnya program Pemprov Jabar untuk percepatan pembangunan Jabar selatan dari dana hibah pusat sebesar Rp157 triliun, Cianjur menjadi salah satu penerima program tersebut.

“Kami berharap seiring bergulirnya program tersebut, ikut menunjang target Pemkab Cianjur untuk melakukan berbagai pembangunan yang selama ini terlambat karena keterbatasan dana dari APBD Kabupaten, khususnya anggaran untuk wilayah selatan, ” katanya.

Berbagai program dan pola tengah dipersiapkan untuk melakukan pembangunan di Cianjur selatan termasuk pengembangan objek wisata yang ada dan objek wisata baru serta pembangunan fasilitas sosial dan umum sebagai penunjang pemekaran.

Ia berharap pemulihan ekonomi dapat berjalan cepat, ketika dana yang tersedia mencukupi, termasuk membangun pelabuhan di Kecamatan Cidaun tepatnya di Pantai Jayanti. Dimana keberadaan pelabuhan dan infrastruktur yang memadai akan meningkatkan angka kunjungan  wisatawan ke Cianjur.

“Sesuai petunjuk Gubernur Jabar, kami akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat, agar dana yang didapat Cianjur untuk percepatan pembangunan Jabar selatan mendapat sebesar-besarnya, sehingga pembangunan dapat segera dilakukan di sepanjang pesisir selatan, ” katanya.

Tidak hanya bertumpu pada dana hibah dari propinsi dan pusat, Pemkab juga membuka peluang bagi investor yang hendak berinvestasi di Cianjur, dengan berbagai kemudahan perizinan dan lainnya. Bahkan setelah pandemi menurun, pihaknya banyak menerima investor yang siap berinvestasi di berbagai bidang di Cianjur.

“Kami berharap angka investasi juga terus meningkat, seiring terus menurunnya penularan COVID-19 di Cianjur. Sampai saat ini, sudah puluhan investor siap memajukan Cianjur dengan berbagai bidang yang akan membuka lowongan bagi warga, ” katanya. (antara/red)

Wakil Bupati Cianjur, Jawa Barat, TB Mulyana Syachrudin. ANTARA POTO. (Ahmad Fikri)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan