Begini Suasana Latihan Bersama Prajurit Yonif Raider 300 dan US Army

BANDUNG – Latihan Bersama (LATMA) antara prajurit TNI Kodam III/Siliwangi dari kesatuan Batalyon Infantri (Yonif) Raider 300 dan Pasukan Keamanan Brigade Bantuan US Army Security Force Assistance Brigade memasuki hari pertama yang digelar di Mako Yonif R 300/BJW, Karang Tengah Cianjur.

Kepala Penerangan (Kapen) Kodam III/Siliwangi Kolonel Inf. Arie Tri Hedhianto mengatakan, kegiatan latihan bersama tersebut di bawah pimpinan latihan Danyonif Raider 300/BJW Letkol Inf Jani Setiadi selaku Komandan Latihan.

‘Kegiatan latihan dimulai sejak 21 Oktober, hingga 7 November 2021 mendatang,’’kata Arie dalam keterangannya, Selasa, (26/10).

Pada Latihan kali ini, beberapa materi diberikan langsung oleh Mayor Eric Canon dari Security Force Assistance Brigade US Army.

Eric memberikan pengalaman tentang tata cara memelihara senjata (Weapon dan Kit Overview) agar selalu siap untuk digunakan.

Selain itu, materi lainnya tentang cara penguasaan senjata dalam kondisi tertentu (Weapon Handling) dan materi lainnya adalah mengenai perlengkapan peralatan medis yang biasa dibawa oleh prajurit. (Medical Bags).

‘’Tidak ketinggalan acara juga diisi dengan Fun Game yang dilakukan sebagai bentuk keakraban antara kedua pasukan,’’ucapnya.

Pada hari pertama LATMA berjalan sesuai rencana waktu yang telah direncanakan. Hal ini mendapatkan apresiasi dari Personel US Army.

Mereka (US Army) sudah mencoba beradaptasi dengan lingkungan sekitar. BAhkan beberapa personil US Amry diajarkan Bahasa Indonesia. Sampai mereka bisa mengucapkannya.

‘’Sesekali mereka berkata Nuhun… Mantab…, seraya diikuti gelak tawa dari Prajurit Yonif Raider 300/BJW.

‘’Semoga latihan hari pertama ini membawa keakraban dalam latihan hari berikutnya,’’pungkas Arie. (pen/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan