Kasau Luncurkan Buku Transformasi Angkatan Udara, Ini Harapannya

LEMBANG – Di tengah kesibukannya sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ternyata tak membuat Marsekal TNI Fadjar Presetyo menjadi tak produktif. Sebaliknya, ia bahkan mampu melahirkan satu buku yang ditulisnya sendiri.

Fadjar Prasetyo menulis buku berjudul Plan Bobcat, Transformasi Menuju Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan. Launching buku tersebut digelar di Grha Widya Dirgantara, Seskoau, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (25/10).

KSAU Marsekal TNI Fadjar Presetyo menyebutkan, buku Plan Bobcat diambil dari call sign saat berdinas di skuadron 11. Isinya berupa ide, gagasan, dan pengalaman pribadi yang selama ini dialami selama masa dinasnya tersebut.

“Harapan dari buku yang saya tulis ini, menjadi masukan untuk pengembangan serta kemajuan TNI AU ke depannya,” ujar Fadjar saat ditemui di Seskoau usai kegiatan launching buku Plan Bobcat.

Ia mengakui masih banyak kekurangan dan koreksi sehingga diharapkan ada masukan dari junior-juniornya untuk perbaikan nantinya. Tujuannya agar air power Indonesia menjadi kekuatan negara yang disegani, tentunya dengan dukungan anggaran dari pemerintah.

“Melalui buku ini saya ingin air power Indonesia dibangun menjadi kekuatan negara yang selaras dengan kekuatan anggaran yang dimiliki pemerintah, agar rencana yang telah disusun bisa direalisasikan,” ucapnya.

Dijelaskannya, pada proses pembuatan buku ini juga dikomparasikan dengan angkatan udara Amerika, Inggris, dan Australia yang memiliki kesamaan empat konsep yakni pengendalian udara, penyerangan, pengintaian, dan mobilitas udara. Sehingga kesiapan rancangan operasi organisasi bisa dibuat secara adaptif, efektif, dan efesien.

“Buku ini mencoba menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Makanya masukan dan kritikan sangat diperlukan demi perbaikan ke depan dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” tandasnya.

Salah seorang penanggap buku tersebut yakni Marsda TNI Samsul Rizal menilai, buku yang ditulis oleh atasannya itu menjadi guiden atau pengarah bagi para pembantu KSAU di Mabes TNI AU dalam merumuskan pembangunan ke depan.

Penulis juga merinci tiga teoritis kelompok air power secara taktikal, operasional, dan strategi. Termasuk bagaimana menyusun anggaran dalam membangun alutsista kekuatan TNI AU melalui komitmen pemerintah.

Tinggalkan Balasan