Polemik Upacara Pindah Agama Sukmawati, Begini Klarifikasi dari Keluarga

DENPASAR – Keluarga besar Pasek Bale Agung Buleleng menyatakan keberatan atas beredarnya undangan prosesi upacara Sudhi Wadani yang akan dijalani putri Presiden Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri, untuk pindah keyakinan dari Agama Islam menjadi Hindu, Selasa (26/10) mendatang.

Sebelumnya beredar pamflet dari The Sukarno Center Bali-Indonesia terkait undangan untuk menghadiri upacara Sudhi Wadani.

Pamflet itu beredar luas ke khalayak umum. Dalam pamflet itu dijelaskan yang menjadi pengrajeg karya adalah Dr Shri I Gusti  Ngurah Arya Wedakaerna MWS III, bukan Keluarga besar Pasek Bale Agung Buleleng, keluarga besar Sukmawati Soekarnoputri di Buleleng.

Beredarnya pamflet tersebut langsung direspons Kelian Dadia Pasek Bale Agung Buleleng sekaligus penyelenggara atau pengrajeg karya, Nyoman Suardnyana Pasek.

Menurut Nyoman Suardnyana Pasek, pihaknya tidak pernah membuat undangan atas prosesi itu. Pertimbanganya yakni gelaran Sudi Wadani ini yang akan dilalui Sukmawati Soekarnoputri merupakan acara internal keluarga Nyoman Rai Srimben (Ibunda Bung Karno).

Selain itu, juga dengan alasan menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

“Kami pihak keluarga tidak pernah mengedarkan surat undangan untuk menghadiri pelaksanaan  upacara Manusa Yadnya Sudhi Wadani yang akan kami selenggarakan pada Hari Selasa tanggal 26 Oktober,” tegas Nyoman Suardnyana Pasek dalam sebuah video yang beredar di Instagram, Sabtu (23/10/21).

Didampingi Penglingsir (tetua) Pasek Bale Agung, Nyoman Suadnyana juga menegaskan bagi pihak yang telah menerima undangan dari pihak ‘The Sukarno Center’ yang ditandatangani Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III dan selaku pengrajeg karya agar tidak menghadiri kegiatan itu.

Sekali lagi mengingat pelaksanaan upacara Sudhi Wadani merupakan upacara khusus di internal keluarga besar Dadia Pasek Bale Agung Buleleng.

Ditunjuk Sukmawati untuk Mengatur Upacara Pindah Agama

Untuk diketahui, Arya Wedakarna selaku  Kepala Sukarno Center mengaku jika dirinya ditunjuk oleh Sukmawati untuk membantu mengatur acara Sudhi Wadani yang merupakan upacara pengesahan janji seseorang yang secara tulus ikhlas menganut Agama Hindu.

Dirinya pula yang ditunjuk jadi juru bicara Sukmawati Soekarnoputri terkait keputusannya berpindah keyakinan di usia 70 tahun. Menurut Arya Wedakarna, upacara Sudhi Wadhani bakal digelar secara tertutup dan hanya dihadiri kalangan terbatas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan