oleh

Lanud Husein Sastranegara Berikan Dukungan untuk Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca

BANDUNG – Danlanud Husein Sastranegara  Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma mengatakan, untuk menunjang keselamatan penerbangan, Lanud Husein Sastranegara kondisi cuaca sangat penting, untuk meastikan keamanan penerbangan.

Untuk itu pihaknya akan selalu melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Terlebih kondisi cuaca saat ini sering kali tidak menentu dan cenderung berubah secara mendadak.

Pada kesempatan itu berlangsung pertemuan antara Danlanud Badan Riset  dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk melakukan koordinasi tentang rencana penerapan hujan buatan yang akan dilakukan melalui operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Baca Juga:  BRIN Mulai Manfaatkan AI untuk Pantau SDA dan Lingkungan

‘’Kami akan mendukung selalu siap mendukung program pemerintah berupa pelaksanaan penerapan TMC dengan mengerahkan segala daya dan upaya, baik personel, serta sarana dan prasarana yang kami miliki”, Jelas I Gusti.

Sementara itu Koodinator Lapangan BRIN Ari Nugroho menuturkan, kegiatan TMC ini diharapkan mampu mengatasi defisit air di Waduk Kaskade Citarum.

Waduk Kaskade Citarum merupakan tulang punggung untuk ketersediaan pasokan listrik diwilayah Jawa-Bali. Sehingga, debit air di waduk itu harus tetap terjaga.

Baca Juga:  BRIN Mulai Manfaatkan AI untuk Pantau SDA dan Lingkungan

Kegiatan TMC ini ditargetkan mampu meningkatkan curah hujan sekitar 20 persen untuk mengisi cadangan air waduk Kaskade Citarum.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga