oleh

Diuji pada Anak, Vaksin Pfizer Tunjukkan Kemanjuran 90,7 Persen

Vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 menunjukkan kemanjuran 90,7 persen terhadap virus korona dalam uji klinis pada anak-anak 5–11 tahun.

Dalam uji tersebut, sebanyak 16 anak yang menerima plasebo terkena Covid-19, dibandingkan dengan tiga anak yang divaksin, kata Pfizer dalam dokumen ringkas yang diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), Jumat.

Karena anak yang diberi vaksin dua kali lebih banyak daripada plasebo dalam uji klinis yang melibatkan 2.268 peserta itu, maka kemanjurannya disebut lebih dari 90 persen. Uji klinis Pfizer pada mereka yang berusia 5–11 tahun tidak dirancang terutama untuk mengukur kemanjuran melawan virus.

Baca Juga:  Hongkong Nyatakan Anak 3 Tahun ke Atas Aman Suntik Vaksin Sinovac

Sebaliknya, uji tersebut membandingkan jumlah antibodi penetral yang diinduksi oleh vaksin pada anak-anak dengan respons penerima yang lebih tua dalam uji coba terhadap orang dewasa. Berdasarkan hasil tersebut, Pfizer dan BioNTech bulan lalu mengatakan bahwa vaksin Covid-19 menginduksi respons kekebalan yang kuat pada anak-anak.

Anak-anak berusia 5–11 tahun diberi dua suntikan dosis vaksin 10 mikrogram, sepertiga dari ukuran dosis yang diberikan kepada orang berusia 12 tahun ke atas. Para penasihat luar untuk FDA dijadwalkan bertemu pekan depan untuk memutuskan apakah akan merekomendasikan agar badan tersebut mengizinkan vaksin untuk kelompok usia 5–11 tahun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga