Ditawari Menyanyi untuk “Rapijali” Dee Lestari, Iwan Fals: Saya Merasa Jodoh

JAKARTA – Di samping merilis buku berupa cerita bersambung berjudul Rapijali yang ditulisnya 27 tahun silam, Dee Lestari juga menghadirkan karyanya dalam bentuk book soundtrack. Sejak lagunya dibuat, sosok yang spontan muncul dalam benak sang Ibu Suri adalah Iwan Fals. Dia bahkan tidak memikirkan sosok lain yang cocok menyanyikannya.

Penyanyi senior itupun mendapat tawaran menyanyikan lagu Kinari (Yuda Alexander Version). Kini, adegan dalam buku Rapijali bisa hadir dalam bentuk lagu. Hal itu tentu saja melengkapi kenikmatan membaca novelnya.

Single pertama dalam book soundtrack Rapijali mengusung tajuk Kinari (Yuda Alexander Version), menggandeng musisi kawakan Iwan Fals sebagai penyanyinya.

Saat menulis Kinari, Dee Lestari menjadikan aransemen lagu Dust in the Wind milik Kansas dan Tears in Heaven dari Eric Clapton sebagai referensi. Menariknya, lagu Kinari menghadirkan permainan akordeon dengan alasan selaras dengan tuntutan cerita. Selain itu, alat musik tersebut sangat atraktif di panggung namun masih jarang yang memainkannya.

Dee Lestasi mengungkapkan, lagu Kinari ini penuh cinta. Bukan cinta tentang kehidupan asmara diantara sejoli, tapi hubungan seseorang yang diselamatkan hidupnya oleh satu sosok.

Tanggapan Iwan Fals sebagai Penyanyi Book Soundtrack Rapijali

Iwan Fals selaku penyanyi lagu Kinari, single pertama book soundtrack Rapijali, mengaku terkesan dengan lagu tersebut. Menurutnya, ia yang juga membaca buku Rapijali, cukup penasaran untuk tahu tentang arti Kinari. Iwan Fals pun mencari tahu arti dari nama tersebut. Yang ternyata artinya adalah manusia setengah dewa.

“Kinari juga diceritakan sebagai seorang penjaga pohon, dan saya suka menanam pohon sejak tahun 90an. Ketika saya ditawari proyek Kinari ini, saya merasa jodoh. Saat mendengar demonya pertama kali, di kepala saya selalu ada cinta serta dialog antara kakek dan cucu, juga cerita tentang penjaga pohon,” paparnya.

“Saya menerima tawaran ini, ingin menyanyikannya dengan tepat karena cerita di balik lagunya sangat panjang. Dee Lestari juga banyak mengingatkan saya saat take vocal, jadi saya semangat karena ada yang harus dicapai,” imbuh Iwan Fals.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan