oleh

Baru Capai 11 Persen, Kota Cimahi Minim Ruang Terbuka Hijau

CIMAHI – Kota Cimahi hanya memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekitar 11,15 persen dari luas wilayahnya yang mencapai 40,25 kilometer persegi. Padahal jika mengacu pada Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, Perencanaan Tata Ruang Wilayah Kota, seharusnya Cimahi memiliki RTH seluas 30 persen.

Saat ini RTH yang tersisa kebanyakan berada di wilayah Cipageran dan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara. Kemudian di sepanjang aliran sungai dari wilayah Utara, Tengah hingga Selatan Kota Cimahi.

Baca Juga:  PTM Sekolah di Kota Cimahi Adem Ayem

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi, Achmad Nuryana memang saat ini RTH di Kota Cimahi masih minim. Bahkan, jauh dari yang disyaratkan dalam undang-undang yakni 30 persen. Rinciannya, 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat.

“Harusnya sekitar 30 persen. Tapi di kita RTH itu baru sekitar 11 persen,” kata Achmad saat dihubungi pada Kamis (14/10).

Baca Juga:  Disdukcapil Kota Cimahi Bakar Ribuan Keping KTP-el

Diakuinya, alih fungsi lahan menjadi ancaman keberadaan RTH di Kota Cimahi. Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk menjaga Kawasan Bandung Utara (KBU) agar tetap terkendali dan tidak terjadi pembangunan yang sporadis.

“Kita menjaga KBU tetap terjaga, terkendali supaya tidak terjadi pembangunan yang sporadis. Kita berusaha tetap untuk mempertahankan RTH,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga