Semangka Ternyata Punya 4 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

• Vitamin C: Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
• Karotenoid: Karotenoid adalah kelas senyawa tanaman yang mencakup alfa-karoten dan beta-karoten, yang diubah tubuh seseorang menjadi vitamin A.
• Likopen: Likopen adalah sejenis karotenoid yang tidak berubah menjadi vitamin A. Antioksidan kuat ini memberi warna merah pada makanan nabati seperti tomat dan semangka dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.
• Cucurbitacin E: Cucurbitacin E adalah senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi.

3. Meningkatkan Kesehatan Gusi
Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan gusi. Vitamin C dalam semangka menjaga kesehatan kapiler dan gusi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan gingivitis (radang gusi), dan bersyukurlah karena semangka dapat mencegah kondisi ini.

Vitamin C dalam semangka juga dapat membunuh bakteri di mulut yang mungkin menyebabkan penyakit gusi dan infeksi gusi lainnya.

4. Meningkatkan Energi
Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan energi. Semangka adalah sumber vitamin B yang baik dan bertanggung jawab untuk produksi energi dalam tubuh seseorang. Buah ini rendah kalori dan tinggi energi, sehingga dapat membantu Kamu dan keluarga tetap aktif sepanjang hari.

Alasan lain mengapa mengapa Kamu harus mengkonsumsi semangka adalah manfaatnya karena kandungan kalium. Kalium adalah elektrolit yang membuat seseorang tidak merasa lelah setelah hari yang melelahkan. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan