Ruang Kreatif Ahmad Djuhara Harus Jadi Tempat Pemuda Berkarya

Menurut Kang Emil, saat berkarya, jangan terpaku pada zona nyaman. Ia pun mencontohkan bagaimana dirinya sebagai seorang arsitek membuat karya-karya baru, seperti merancang desain sepatu bersama pelaku UMKM.

“Karena saya merasa musuh kita itu diri kita sendiri. Misalnya, mohon maaf, saya arsitek, kata siapa karyanya hanya arsitektur. Tuhan memberikan kita daya imajinasi, cuma sekolahnya arsitektur, bukan tidak boleh desain sepatu. Itulah saya melawan itu. Makanya, saya kolaborasi dengan UMKM sebagai gubernur, saya desain celana jeans. Desain sepatu, desain cicin, helm, jaket, motor gesit termasuk melukis,” ucapnya.

Kang Emil juga meminta kepada para pelaku seni dan arsitek untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

“Hikmah berikutnya saya doakan menjadi manusia paling mulia. Kan manusia itu ada tiga, manusia tidak berguna, manusia biasa saja, manusia bermanfaat. Hidup kita hanya tiga itu,” tuturnya.

“Kalau biasa aja, berarti rata-rata jadi datang, tidak datang, tidak berpengaruh. Manusia yang tidak berguna menyusahkan orang tiap datang minjem duit. Saya doakan semua menjadi manusia yang bermanfaat,” imbuhnya. (gir/okk)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan