oleh

Kemendagri Pastikan Calon Timsel KPU dan Bawaslu Akan Bekerja Independen

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI Periode 2022-2027 yang telah dibentuk akan bekerja secara independen.

“Tim seleksi ini sama dengan lima tahun sebelumnya, bekerja secara independen dan tugasnya adalah melaporkan hasilnya kepada Bapak Presiden RI,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri Bahtiar yang juga merangkap sebagai Sekretaris Anggota Panitia Seleksi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (11/10).

Baca Juga:  KPU Gelar Simulasi Pemilu 2024, Anggota Harap Dapat Formula Tepat

Ia memastikan bersama tim akan segera bekerja sesuai dengan tahapan dan tugas yang telah ditetapkan. Tak hanya itu, pengumuman pendaftaran calon juga akan segera dirilis dan diputuskan tim seleksi yang telah dibentuk.

“Timsel ini akan segera bekerja, tentu mendasari undang-undang yang tersedia, timsel akan melakukan rapat dan akan menyampaikan lebih lanjut kepada publik,” kata Bahtiar.

Dengan diumumkannya tim seleksi tersebut, Bahtiar membuka ruang bagi siapa pun warga negara Indonesia untuk mendaftarkan diri sebagai bagian dari penyelenggara pemilu untuk mewujudkan pemilu yang semakin berintegritas.

Baca Juga:  Anggota KPU Garut Hilwan Fanaqi Dipecat Karena Dianggap Sebagai Pengurus Partai

“Silakan bagi yang berkenan menjadi calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu RI, dibuka untuk publik,” ujarnya.

Masa jabatan tim seleksi dimulai pada saat Keppres ditetapkan dan akan berakhir hingga anggota KPU dan anggota Bawaslu terpilih disahkan, katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga