PON Jadi Berkah Bagi Masyarakat di Papua

JAKARTA – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX menjadi berkah dan suka bagi masyarakat Papua. Dari empat klaster penyelenggaraan, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Merauke dan Mimika, masyarakat Papua sangat menikmatinya.

“Kesenangan luar biasa yang dialami masyarakat Papua melalui perhelatan PON ini, karena kan multievent ini belum pernah dilakukan di sini dan entah kapan lagi ajang ini kembali bergulir disini. Jadi mereka merasa jika ini adalah pesta mereka,” ucap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dikutip, Rabu (6/10).

Sejauh ini, kata dia pelaksanaan PON berjalan lancar dan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Jadi, tidak ada hal-hal yang signifikan yang mengganggu jalannya ajang tersebut.

“Sehingga saya harap apa yang saya tinjau langsung di Merauke, Timika dan Jayapura ini mudah-mudahan akan begitu terus sampai akhir penutupan nanti,” sambungnya.

Harapannya ini selain untuk peningkatan prestasi, kegiatan ini turut sebagai ajang pembuktian dan uji coba. Pelaksanaan ini menjadi pilot project dari multievent nasional di tengah pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan banyak pelajaran yang kita dapatkan dari PON ini,” terangnya.

Terkait protokol kesehatan, Menpora juga mengatakan jika BNPB serta Kemenkes juga memantau perkembangan. Meskipun Papua sudah masuk PPKM level 2, pengawasan tidak boleh kendor.

“Memarin saya di Timika sama Menkes bersama kepala BNPB, kita lakukan monitoring dari venue, penginapan juga di tempat-tempat yang kita perkirakan akan menimbulkan hal-hal yang menjadi penyebab Covid itu sendiri,” tuturnya.

“Tapi kesadaran masyarakat sangat bagus, yang kami lihat karena mereka rata-rata sudah divaksin jadi mereka menikmati kegembiraan, pesta ini untuk masyarakat papua tapi harus tetap jaga prokes supaya setelah PON jangan sampai meninggalkan Covid itu di Papua,” pungkasnya.

(jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan