Disnaker Depok Adakan Pelatihan Khusus di Bidang Kuliner

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sedang mengadakan pengembangan kompetensi warga melalui program pelatihan tata boga.

Kegiatan yang dijadwalkan selama sembilan hari itu, dimulai sejak 5 Oktober hingga 13 Oktober 2021 berlangsung di gedung Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis.

Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Asusti mengungkapkan, program tersebut digelar berdasarkan unit kompetensi tahun anggaran 2021.

Dikatakan, dari hasil penyeleksian peserta, terdapat 20 peserta yang lolos seleksi. Para peserta kini sudah sedang mengikuti proses pelatihan sejak hari kemarin dan hari ini.

“Adapun dalam pelatihan ini peserta diajarkan cara membuat 14 jenis menu masakan. Materi dan praktik pembuatan menu masakan yang diajarkan itu diharapkan mampu membekali keterampilan peserta agar setelah dari kegiatan ini dapat mengembangkan usaha secara mandiri ataupun bisa diterima di tempat kerja yang membutuhkan keahlian serupa,” kata Tri, Rabu (6/10).

Jenis menu yang diajarkan tersebut di antaranya, cara pembuatan coffee jelly, spaghetti brulle, siomay, dessert box, tekwan, pempek, dan mpon-mpon wedang jahe.

“Tidak hanya itu, peserta juga dilatih kemampuan dalam mengemas makanan, mengolah makanan higienis, teknik berwirausaha dan cara melayani pembeli,” paparnya.

Dirinya berharap, peserta mampu menyerap ilmu dan keterampilan yang diajarkan para mentor. Sehingga lebih percaya diri dalam mengembangkan usaha sesudah pelatihan. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan