PON Papua Dapat Apresiasi Internasional, Siap Jadi Provinsi Olahraga Nasional

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengapresiasi kerja keras Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan seluruh pihak yang telah mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Apalagi, ajang ini juga mendapatkan apresiasi dunia internasional.

“Kemarin event pembukaan juga mendapatkan apresiasi bukan hanya dari Pak Presiden, tapi juga dunia internasional menganggap event ini sangat luar biasa sangat tepat,” tuturnya dikutip, Selasa (5/10).

Menurutnya, diadakannya PON di Bumi Cendrawasih merupakan ajang untuk menunjukkan persatuan dan kesatuan Indonesia di mata dunia internasional.

“Karena ini sebagai suatu upaya pemerintah untuk meyakinkan kepada dunia internasional bahwa tanah Papua adalah bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Dikatakan, arena-arena dalam PON XX Papua di Kabupaten Mimika memiliki standar internasional, seperti arena biliar. Muhadjir mengatakan, selain arenanya yang berstandar dunia, seluruh peralatan tanding biliar yang digunakan juga telah berstandar internasional.

Dia mengatakan, hasil ini merupakan berkat kerja keras seluruh pihak seperti Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI), PB PON, Kemenpora dan Pemda Mimika.

“Karena standar internasionalnya sudah terpenuhi, maka seharusnya juga dari sini akan melahirkan atlet-atlet yang berkaliber internasional,” ujar dia.

Selain itu, seiring dengan kesuksesan pelaksanaan PON, pemerintah juga akan menjadikan Provinsi Papua sebagai sentra olahraga nasional.

“Bapak Presiden Insya Allah akan merestui untuk Provinsi Papua ini akan menjadi Provinsi Olahraga Nasional. Dan salah satu titik sentral yang akan menjadi pusat perhatian adalah di Kabupaten Mimika,” tutup Muhadjir. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan