Wabup Bandung Dukung Promosi Desa Wisata Melalui Tiktok

CIMAUNG – Wakil Bupati (Wabup) Bandung Sahrul Gunawan, menyambut baik desa wisata yang didukung dengan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung.

Kehadiran desa wisata menurutnya dapat membantu membangkitkan perekonomian warga di tengah pandemi covid-19, dan membuka lowongan kerja bagi masyarakat di sekitar tempat wisata.

“Seperti kita ketahui tahun 2021 ini merupakan tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional, maka dari itu Pemkab Bandung menempatkan sektor pariwisata dan UMKM sebagai lokomotif penggerak perekonomian,” ungkap Sahrul Gunawan saat di wawancara, Senin (4/10).

Sahrul menjelaskan, pandemi ini merupakan kondisi yang amat berat bagi para pelaku UMKM dan juga sektor pariwisata. Maka dari itu, lanjut Wabup, pemerintah daerah akan mendorong digitalisasi UMKM dan akan mempermudah pengurusan izinnya.

“Selain itu, kami akan memudahkan izin koperasi, sebagai upaya penguatan usaha disertai dengan pembinaan dan pendampingan berkelanjutan bagi para pelaku UMKM. Nantinya para pelaku ini dapat meningkatkan kreativitasnya dan mempromosikan produk-produknya,” jelas Sahrul.

Manfaatkan Instagram dan Tiktok untuk Promosi

Dalam mempromosikan produk UMKM, tuturnya, peran teknologi digital sangatlah penting. Para pelaku usaha dapat memasarkan produknya secara lebih luas. Salah satunya dengan cara membuat konten yang menarik dan memanfaatkan media sosial.

“Sebagai contoh aplikasi Instagram dan Tiktok menjadi platform yang sangat diminati masyarakat luas. Hal itu patut dicoba sekaligus dikembangkan oleh para pengelola UMKM maupun tempat wisata desa di sini,” jelasnya.

Antusias para pelaku UMKM di Kecamatan Cimaung, jelas Sahrul, patut diacungi jempol. Sahrul menilai kolaborasi antara keduanya dapat saling menguntungkan satu sama lain.

“Warga yang berkunjung ke sini bisa membeli oleh-oleh dari produk UMKM yang tersedia. Di sisi lain, pemasaran produk UMKM mencantumkan alamat desa ini, dapat mengundang masyarakat luas untuk berkunjung ke sini,” kata Sahrul.

Dirinya juga telah mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan desa wisata itu. Dengan harapan, Desa Campaka Mulya dapat bertransformasi menjadi kekuatan pembangunan ekonomi pedesaan.

“Semoga Desa Cempaka Mulya ini dapat menjadi desa yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (BEDAS) sesuai dengan visi Pemkab Bandung dalam membangkitkan daya saing daerah,” pungkasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan