Empat Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Essential Oil untuk Kesehatan Tubuh

JAKARTA – Saat ini menggunakan essential oil untuk menenangkan saraf dan tubuh agar lebih rileks sedang menjadi tren. Essential oil adalah minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman tertentu dan biasanya digunakan sebagai aromaterapi, yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Essential oil juga banyak dibuat dari bahan alami dari alam Indonesia, tanpa tambahan wewangian ataupun bahan kimia lainnya. Praktisi herbal Alisjahbana Haliman dari Toye by Talasi mengatakan, banyak bahan alami di Indonesia yang kaya manfaat. Hanya saja sejumlah orang belum terlalu paham manfaatnya bagi kesehatan.

“Setiap varian memiliki aroma khas Indonesia dan masing-masing manfaatnya,” katanya secara daring baru-baru ini.

Cara penggunaannya bisa digunakan sebagai campuran minyak pijat maupun digunakan dengan diffuser. Apa saja bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai essential oil tersebut?

1. Essential Oil dari Jahe Emprit

Paling khas bisa diperoleh dari Way Kanan, Lampung. Diproses dari jahe emprit segar dari Way Kanan dengan aroma sitrus dan wangi rempah memberikan rasa hangat dan meningkatkan energi. Memiliki manfaat untuk mengurangi mabuk perjalanan dan morning sickness, menghangatkan tubuh, relaksasi otot, meredakan nyeri dan perut kembung.

2. Essential Oil dari Kayu Krangean

Dihasilkan dari proses penyulingan kulit kayu krangean dari Purwokerto, Jawa Tengah. Beraroma jeruk segar, menenangkan dan sangat baik untuk relaksasi. Fungsinya memiliki fungsi antiinflamasi dan antibakteri, serta dapat meningkatkan imunitas.

3. Essential Oil dari Serai

Serai dari Sumba, Nusa Tenggara Timur merupakan hasil penyulingan daun segar serai wangi. Aromanya yang menyegarkan, perpaduan aroma jeruk, kayu, rerumputan, dan floral, membantu meningkatkan mood dan energi, mengusir serangga, serta dapat mengurangi sakit kepala.

4. Essential Oil dari Rimpang

Bahan alam berupa rimpang temu kunci asal Majenang, Jawa Tengah memberikan sensasi hangat dan sekaligus menyegarkan. Sehingga memiliki fungsi anti-jamur dan anti-bakteri, serta dapat digunakan untuk memperbaiki sirkulasi darah.

(jawapos.com)

Tinggalkan Balasan