Prestasi Baru, Indonesia Pengimpor Gula Terbesar di Dunia

JAKARTA – PT Perkebunan Nusantara III atau PTPN III mencatat, saat ini produksi gula secara nasional baru sekitar 2,1 juta ton per tahun. Adapun total konsumsi secara nasional sebesar 5,8 juta-an ton per tahun yang terdiri dari gula konsumsi dan gula kebutuhan produksi.

“Hingga saat ini, masih terjadi defisit produksi gula di dalam negeri dan mayoritas kebutuhan gula masih berasal dari impor,” kata Direktur Produksi dan Pengembangan PTPN III Mahmudi, Rabu (29/9/2021).

Mahmudi mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan nasional per tahunnya, pemerintah masih rajin mengimpor gula. Bahkan, International Trade Center pada 2020 menempatkan Indonesia sebagai pengimpor gula terbesar dunia, melebihi China yang berpopulasi melebihi 1,3 miliar orang.

“Sampai saat ini impor gula konsumsi kurang lebih 1 juta ton, gula industri 3 juta ton, jadi 4 juta ton. Ini PR besar kita semua terutama kami,” ungkapnya.

Mahmudi mengaku, upaya yang tengah dilakukan oleh pihaknya saat ini yakni modernisasi pabrik gula nasional juga meningkatkan efisiensi serta mentransformasi bisnis gula di Indonesia.

“Transformasi memiliki empat fungsi utama, yakni mengurangi impor gula sekaligus menghemat devisa negara, meningkatkan kesejahteraan petani, menjaga stabilitas harga gula konsumsi, serta mewujudkan kemandirian gula konsumsi,” pungkasnya. (Fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan