Vaksinasi Tembus 100 Juta, Indonesia Dipuji Bank Dunia

JAKARTA – Indonesia menembus lebih dari 100 juta vaksinasi Covid-19, sejak Agustus lalu. Hal ini juga mendapat pujian dari Bank Dunia. Pelaksanaan PPKM hingga percepatan vaksinasi merupakan strategi Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemi.

Ketua KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) Airlangga Hartarto mengatakan, dalam penanganan Covid-19, Indonesia juga menekankan disiplin protokol Kesehatan (prokes) yang ketat, terutama dalam penggunaan masker.

“Juga menerapkan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk dalam kegiatan berisiko, seperti di fasilitas umum, mall, atau kegiatan ibadah,” kata Airlangga, Senin (20/9).

Pencapaian vaksinasi yang baik ini juga dimungkinkan karena kerja sama berbagai pihak, terutama kesadaran masyarakat yang tinggi.

Saat ini total vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 juta dosis. Capaian tersebut merupakan kombinasi total vaksinasi dosis pertama, vaksinasi dosis kedua dan booster vaksin.

Dari data yang dilansir 19 September, total capaian vaksinasi dosis pertama adalah 79,5 juta dosis dan vaksinasi dosis kedua adalah 45,1  juta dosis. Sedangkan vaksinasi untuk dosis ketiga adalah 855.804 dosis, yang secara khusus diberikan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Menurut Bank Dunia, pencapaian 100 juta vaksin  menjadi tonggak penting bagi salah satu negara yang paling terkena dampak Covid di dunia dengan sekitar 270 juta penduduk dan geografi kepulauan yang menantang.

Sejak 31 Agustus 2021, Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara yang telah mencapai prestasi vaksinasi 100 juta dosis tersebut. Satu hal yang layak disoroti di Indonesia adalah kekuatan kemitraan yang bekerja sama untuk tujuan bersama.

Bank Dunia, bahkan menyebut 100 juta dosis adalah tonggak penting dan tidak dapat dicapai tanpa kerja keras yang luar biasa oleh tim dan komunitas di seluruh Indonesia. Pemerintah Indonesia layak mendapat pengakuan ini sebut Bank Dunia dalam rilisnya.

Indonesia  menjadi salah satu negara pertama di dunia yang mengumumkan vaksinasi Covid-19 gratis untuk penduduk dewasanya.

Program vaksinasi di Indonesia juga  diperluas untuk mencakup kelompok usia 12-17 tahun dan saat ini memberikan lebih dari 1,2 juta dosis per hari. Jumlah ini  hampir meningkat 10 kali lipat sejak pertengahan Mei 2021.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan