Pemkab Garut Dongkrak Daya Beli Masyarakat dengan Program Pangling

GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat berupaya mendongkrak daya beli masyarakat di tengah pandemi COVID-19 melalui Program Pangan Keliling (Pangling) yang menjual sejumlah produk pangan dari petani langsung dengan harga murah.

“Adanya gelar pangan murah ini diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat dengan mempertemukan langsung konsumen dengan produsen,” kata Plt Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Garut Yudi Hernawan saat menggelar Program Pangling di Halaman Kantor Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kamis. (16/9)

Ia menuturkan kegiatan Pangling dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia 16 Oktober 2021 itu menjual sejumlah kebutuhan pokok pangan berkualitas dari petani seperti sayuran, beras, ada juga minyak, gula pasir, telur, sampai dengan daging ayam dengan harga relatif murah.

Dalam situasi pandemi ini, tentunya banyak dirasakan dampaknya oleh masyarakat, salah satunya pendapatan menurun, sementara kebutuhan terus meningkat.

Ia berharap adanya harga pangan yang murah itu bisa membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 karena bisa membeli dari produsennya melalui kegiatan yang digelar pemerintah.

“Ini betul-betul akan murahlah, dan ini akan sangat membantu masyarakat yang daya belinya terbatas,” kata Yudi.

Ia menyampaikan produk pangan yang dijualnya dipastikan sudah aman dan layak dikonsumsi karena sudah melewati uji laboratorium yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Garut.

“Kami pun biasa keliling membawa Mobil Keamanan Pangan, jadi mobil ini berfungsi mengambil sampel-sampel pangan segar asal tumbuhan untuk diuji kandungan-kandungannya,” katanya.

Seorang warga yang membeli pangan dalam Gelar Pangan Murah Dedeh (50) mengatakan harga pangan yang dijual terjangkau dan tidak terlalu mahal dibandingkan dengan yang dijual di pasaran.

“Belanja minyak untuk dijual, mudah-mudahan beli di sini bermanfaat, barokah, dan semoga ada lebihnya, beli tomat, dan bawang putih, alhamdulillah tidak terlalu mematok harga, tidak terlalu mahal untuk masyarakat kecil,” katanya. (antara/red)

 

Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut menjajakan produk pangan saat menggelar Program Pangan Keliling (Pangling) di Halaman Kantor Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kamis (16/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan