Muspika Lembang Gelar Kegiatan Vaksinasi untuk Kejar Target

LEMBANG – Progres vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga saat ini masih terbilang rendah yakni 30 persen dari sasaran sebanyak 260 ribu orang.

Untuk itu Muspika Kecamatan Lembang terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi untuk mengejar herd immunity atau kekebalan komunal sesuai arahan pemerintah pusat agar angka penularan Covid-19 dapat ditekan.

Untuk mengejar target tersebut, Muspika Lembang bekerja sama dengan Kodim 0609/Cimahi telah melaksanakan vaksinasi kepada 5 ribu sasaran pada akhir pekan kemarin. Vaksinasi juga bakal digelar hingga ke tingkat desa.

“Kita sudah mengadakan serbuan vaksin yang diselenggarakan dengan sasaran 5 ribu orang yang tersebar di 16 desa di Kecamatan Lembang,” kata Camat Lembang, H Herman Permadi, Senin (13/9).

Agar berjalan lancar, terutama mengantisipasi kerumuman dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi, pihaknya melibatkan berbagai komunitas dan unsur masyarakat seperti Linmas, Mitra Komunikasi Bandung Barat (MKBB), Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM), Babinsa dan Babinkamtibmas.

“Kemarin merupakan serbuan vaksinasi pertama kali di Lembang dengan jumlah sasaran paling banyak, karena biasanya itu hanya sekitar 400-700 atau maksimal 1.000 target,” terangnya.

Selain melibatkan unsur TNI, Herman mengatakan, pengelola objek wisata juga akan diajak untuk menyediakan tempat vaksinasi bagi wisatawan yang belum sempat divaksin.

Pihaknya akan mengusahakan bantuan dari Dinkes dan puskesmas untuk menyediakan vaksinator bahkan vaksin dalam jumlah yang cukup banyak.

“Kami juga harapkan tempat wisata menyediakan suatu tempat vaksin bagi wisatawan yang belum divaksin. Kemarin, kami sudah konsolidasi dengan Lembang Park Zoo, Grafika dan lainnya untuk menyediakan tempat khusus sebagai upaya percepatan herd immunity,” bebernya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan