HCMI Gelar Aksi Soal Transparansi Pemakaian Dana Reses Anggota DPRD Jabar

BANDUNG – Massa aksi Himpunan Cendekiawan Muda Indonesia (HCMI) geruduk kantor DPRD Jabar, Jl Diponegoro Kota Bandung, Senin(13/9). Mereka meminta pihak Sekertaris Dewan (Sekwan) membuka dialog dan audiensi soal transparansi pemakaian dana reses yang digunakan anggota dewan medio 2019 hingga 2021.

Dalam orasinya, koordinator aksi demo sekaligus Sekjen HCMI Angga Firmansyah menyebut dana reses bagi para anggota dewan memiliki anggaran yang cukup besar. Namun, dia menyayangkan masih terdapat anggota dewan yang tidak melaksanakan kegiatan reses.

“Mempertanyakan transparansi reses tersebut, yang nyatanya anggaran yang begitu besar tapi tidak pernah jelas. Kami menduga adanya permainan di dalam, manipulasi data anggaran reses,”katanya.

Temuan soal adanya anggota dewan yang tidak melakukan reses bukan tanpa alasan. Angga mengklaim pihaknya memiliki bukti terkait tidak pernah adanya penyelenggaraan reses di beberapa daerah di Jabar. Pihaknya pun akan saling sinkronisasi data yang telah dimiliki dengan data milik dewan.

“Telah melakukan survei ke berbagai daerah seperti Kabupaten Sumedang, Majalengka, Subang, Bandung, dan Kota Bandung dari tingkat kelurahan dan kecamatan, tidak ada kegiatan reses,” terangnya.

“Padahal, di tengah pandemi Covid-19 masyarakat sangat mengharapkan kehadiran dari anggota DPRD Jabar,” sambungnya.

Mereka pun menuntut pihak DPRD Jabar agar membuka ruang dialog dan audiensi.

Seusai melakukan audiensi dengan HCMI, juru bicara staf humas DPRD Jabar Rijaldi Hudantara mengatakan pihaknya akan melakukan penjadwalan ulang untuk melakukan pemaparan keterbukaan data reses para anggota dewan.

“Kami pun akan menyampaikannya ke bagian terkait, ke badan kehormatan, badan keuangan, sekretaris dewan untuk dijadwal ulang audiensi pada pertemuan selanjutnya untuk menyampaikan data tersebut. Sebelumnya mereka menyampaikan memiliki data, kami pun ingin melihat data dari mereka seperti apa,” tuturnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan