Ingin Jadi Sukarelawan Asian Games Hangzhou 2022? Begini Persyaratannya

JAKARTA – Setiap gelaran multievent, seperti Asian Games 2022 di Hangzhou, China, pihak penyelenggara memberi kesempatan bagi siapa saja yang masuk kualifikasi untuk turut berpartisipasi menjadi volunter atau sukarelawan.

Penyelenggara Asian Games 2022 Hangzhou (HAGOC) pun bakal merekrut sekitar 52.000 sukarelawan untuk menyukseskan pesta olahraga terbesar di Benua Kuning tersebut.

Dilansir situs resminya, pendaftaran untuk menjadi sukarelawan Asian Games 2022 masih dibuka dan penutupan akan dilakukan pada 31 Oktober 2021 pada pukul 00:00 dini hari waktu Beijing.

Ini adalah kesempatan untuk bisa menjadi bagian dari sejarah dari pesta olahraga empat tahunan tersebut. Banyak manfaat yang didapat ketika menjadi volunter pada gelaran besar seperti Asian Games.

Selain ikut menjadi bagian dari sejarah, sukarelawan yang berpartisipasi juga bisa menambah pengalaman, membangun, dan memperluas jaringan. Sebab, masyarakat seluruh Asia dan bahkan dunia hadir saat kegiatan tersebut berlangsung.

Lebih dari itu, banyak manfaat lainnya seperti belajar bagaimana membuat dan menyelenggarakan kegiatan besar, mengembangkan keterampilan, kerja sama tim, dan lainnya.

Bagi yang ingin berpartisipasi, HAGOC membuka kesempatan dan membuka pendaftaran melalui Sistem Rekrutmen Relawan untuk Asian Games Hangzhou dan Asian Para Games yang dapat diakses melalui sejumlah platform berbeda.

Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi situs resmi Asian Games 2022 yakni www.hangzhou2022.cn. Dalam laman tersebut, tersedia informasi detailnya.

Proses rekrutmen

Dalam proses rekrutmen, HAGOC dan organisasi yang berwenang akan memilih sukarelawan berdasarkan kinerja mereka dalam sejumlah penilaian.

Mereka akan melakukan seleksi dengan menyelenggarakan sejumlah tes, mulai daring, wawancara tatap muka, wawancara jarak jauh, maturity assessment, dan tes bahasa Inggris.

HAGOC akan mengeluarkan Pemberitahuan Penerimaan Awal kepada pelamar yang telah lulus penilaian di atas.

Setelah itu, pelamar yang telah ditunjuk sementara untuk posisi sukarelawan (penerimaan awal) akan didaftarkan ke HAGOC dan diminta untuk menandatangani Surat Komitmen.

HAGOC akan memberikan peran kepada sukarelawan berdasarkan kesediaan mereka untuk mengambil peran, serta seberapa baik mereka memenuhi persyaratan peran dan mengonfirmasi tanggal mulai periode bertugas.

Lalu, penyelenggara akan mengeluarkan Surat Penerimaan kepada kandidat yang terkonfirmasi diterima dalam program tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan