oleh

Di Jawa – Bali, Tinggal 11 Daerah yang Masih PPKM Level 4

JAKARTA – Indikator epidemiologis terus membaik. Selain pertumbuhan kasus konfirmasi positif yang drop di bawah 5 persen dalam beberapa hari terakhir, angka positif atau positivity rate mingguan terus turun hingga mencapai 6,97 persen. Sedikit lebih tinggi daripada standar aman WHO, yakni 5 persen.

Meski begitu, semua pihak tidak boleh lengah dan abai menerapkan protokol kesehatan. ’’Tracing juga harus ditingkatkan,’’ kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono kemarin (6/9).

Saat ini tracing sudah mencapai 7,98 persen per satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dia menargetkan, tracing dilakukan kepada 20 orang yang kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

Dante mengatakan, belum semua daerah memiliki positivity rate yang rendah. Misalnya, Kalimantan Barat, Aceh, dan Sulawesi Tengah. Dia meminta daerah dengan positivity rate tinggi untuk melakukan tracing yang lebih masif.

Dante juga mengajak seluruh pihak mematuhi protokol kesehatan dan menjalani vaksinasi. Tujuannya, meminimalkan penularan. Sebab, jika tetap ada, virus itu akan selalu bermutasi. Yang terbaru adalah varian Mu. Menurut Dante, varian tersebut ada di Kolumbia. ’’Varian Mu ini secara laboratorium memiliki resistansi terhadap vaksin,’’ katanya.

Meski demikian, persebarannya tak semengerikan varian Delta.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga