Miris! WC Umum di Alun-Alun Cimahi Jadi Tempat Tinggal Tunasiwma

CIMAHI – Kondisi Alun-alun Kota Cimahi terlihat sangat tak terawat. Beberapa taman yang rusak seolah seperti tidak dibersihkan dengan rutin. Hal tersebut berakibat pengunjung seolah enggan untuk datang.

Alun-alun Kota Cimahi sering ditempati oleh anak-anak jalanan, pengemis, dan sebagainya. Oleh karena itu, pihak Satpol PP melakukan pengawasan dan memberi teguran kepada anak-anak jalanan yang menetap, bahkan mereka jadikan gorong-gorong sebagai tempat tinggal.

“Kita tidak bosan-bosan mengingatkan Satpol PP, setiap hari kita menegur pada orang-orang jalanan. Namun bagian Alun-Alun timur (sulit diatur) karena orang itu sudah bertahun-tahun di sana,” ujar Kabid Ketertiban Umum dan Masyarakat pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Deden Herdiana, Minggu (5/9).

Deden merasa kebingungan dengan tindakan dan yang mereka lakukan. Dirinya sempat bekerja sama dengan pihak Dinas Sosial untuk mengurusi kebutuhan hidup orang-orang jalanan tersebut. Namun, mereka tidak betah dan balik lagi ke Kota Cimahi.

“Kita mesti lakukan tindakan seperti apalagi dan kita juga bingung serta solusinya seperti apa. Dulu pernah kami sempat bawa mereka ke Bekasi untuk melakukan pelatihan tapi gak betah malah balik lagi,” ungkapnya.

Dibalik itu, mereka tetap lakukan patroli dan berikan imbauan kepada warga yang melanggar.

“Pengawasannya kita patroli seperti biasa karena kalau kita patroli dan selalu standby di Alun-alun. Bahkan ada yang mengemis kita usir lagi tapi malah balik lagi. Kita bingung bagaimana cara untuk ngebersihin Kota,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Adet Chandra Purnama mengatakan, taman tersebut sudah dibersihkan oleh pihak Satpol PP yang telah bekerja sama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup.

“Kejadian sering terjadi kita usir datang lagi, kebetulan kita kerjasama dengan teman-teman yang DLH untuk kebersihannya karena itu ada pemulung juga kita tutup langsung kita akan lakukan terus,” katanya.

Adet menegaskan, pihaknya akan melakukan tindakan dengan cara membubarkan serta ada rencana untuk menata taman Alun-Alun agar dilirik oleh masyarakat kembali.

“Tindakan dari Satpol PP kita bubarkan dan kita punya rencana untuk menata tentunya kalau untuk penataan Alun-Alun bukan di Satpol PP,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan