Kang DS Dukung Pemanfaatan Teknologi untuk Peternak Ayam

SOREANG – Rumah Potong Ayam (RPA) PT. Berkah Jaya Mandiri New 1802 bersama Bupati Bandung Dadang Supriatna membagikan 5.000 paket ayam potong untuk warga di Kecamatan Rancaekek.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dunia usaha kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Termasuk keterlibatan dunia usaha.

Dadang mengapresiasi bentuk kepedulian pengusaha ternak ayam kepada warga Kabupaten Bandung. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan semangat dan bangkit di tengah Pandeemi.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT. Berkah Jaya Mandiri New 1802,” kata Dadang di Bojongloa Rancaekek, Rabu (1/9).

Kang DS-sapaan akreb Bupati Bandung menilai, sektor peternakan merupakan salah satu pilar yang dalam jalannya perekonomian.

Daging adalah salah satu komponen kebutuhan pokok yang biasa dikonsumsi masayarakat. Dengan begitu, peningkatan produktifitas peternakan di Kabupaten Bandung harus jadi prioritas untuk menjaga ketahanan pangan.

Sektor peternakan, juga dapat menciptakan peluang kerja. Sebab, dalam alur produksinya daging ayam bisa menciptakan produk-produk olahan daging yang dikelola oleh pelaku UMKM.

‘’Ini artinya sama saja mendorong usaha kecil dan menengah harus tumbuh mendukung laju pertumbuhan ekonomi,’’ucap Kang DS.

Ketua Rumah Potong Ayam (RPA) PT. Berkah Jaya Mandiri New 1802 Dwi Ariyanto Prabowo mengatakan, selain pembagian ayam, dilakukan pula revitalisasi kandang-kandang ayam yang dinilai tidak layak pakai.

Program revitalisasi kandang ayam dilakukan untuk mengurangi resiko penurunan produksi daging ayam.

Revitalisasi dilakukan dengan cara menata kembali kandang ayam dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Dwi mengatakan, karena keterbatasan modal, banyak kandang ayam akhirnya tidak berfungsi. Mereka tidak mampu mengikuti kemajuan teknologi.

‘’Jadi para peternak tidak lagi dilirik oleh para pengusaha untuk mengembangkannya,” tutup Dwi. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan