IWAPI Harus Jadi Inspirasi untuk Ciptakan Perempuan Tangguh dalam Wirausaha

JAKARTA –  Beralangsung secara virtual, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melantik dan pengukuhan pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) periode 2021-2026, Rabu (1/09).

Kepada jajaran pengurus IWAPI Airlangga berpesan,  IWAPI harus terus menjadi sebuah organisasi perempuan pengusaha Indonesia  yang sukses dan mandiri. Sehigga dapat mendorong dan mengispirasi bagi wanita-wanita lain di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, jumlah pengusaha di Indonesia terus meningkat. Bukan hanya jumlah pengusaha secara keseluruhan saja, tetapi jumlah wirausaha wanita di Indonesia mengalami peningkatan.

‘’Berdasarkan hasil riset Global Entrepreneurship Monitor, jumlah womenpreneur di Indonesia mencapai 14% dari total penduduk, ini sangat menggembirakan dan ke depan saya yakin akan banyak peningkatan wanita-wanita interprneur yang berjiwa wirausaha,’’tutur airlangga.

Airlangga akan selalu mendukung IWAPI untuk selalu maju kedepan dan terus ambil bagian dalam wirausaha di berbagai sektor.

‘’Ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat termasuk wanita yang ingin membangun bisnis,” ujar Menko Airlangga.

Survei dari Bank Indonesia juga memperlihatkan bahwa lebih dari 60% UMKM di Indonesia dijalankan oleh perempuan atau sekitar 37 juta perempuan.

Data ini menunjukkan partisipasi dan peran perempuan dalam mendukung perekonomian Indonesia sangat besar khususnya di sektor pelaku UMKM.

“Saya yakin dengan penguatan sinergi dan koordinasi antara Pemerintah dengan seluruh stakeholders, termasuk para wanita pengusaha yang tangguh sekaligus mempercepat momentum pemulihan ekonomi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki, Ketua Umum DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Anita Prihapsari, Ketua Umum Kadin Arsyad Rajid, Para Dewan Konsultasi DPP IWAPI, Tim Formatur IWAPI, dan peserta pelantikan dan pengukuhan DPP IWAPI. (frh/fsr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan