Comodo Coin Ramaikan Pasar Kripto Lokal, Apa Itu?

JAKARTA – Tren investasi mata uang kripto atau cryptocurrency semakin marak di dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun secara keseluruhan tren pergerakan harganya masih lesu, namun instrumen invetasi ini diperkirakan bakal mendominasi pasar keuangan global.

Bitcoin, Dogecoin, Ethereum, hingga Tokocrypto adalah contoh-contoh aset kripto yang populer belakangan ini. Sebagian besar aset kripto terpopuler itu berasal dari luar negeri.

Namun, ternyata ada beberapa aset kripto yang berasal dari Tanah Air. Performanya pun menarik untuk dilirik.

Munculnya aset kripto dalam negeri tentunya bukan tanpa alasan. Untuk diketahui, jumlah pemain kripto di Indonesia mencatatkan pertumbuhan sebesar 62,5 persen, yakni menjadi 6,5 juta orang pada Mei 2021. Pertengahan 2020 lalu, jumlah pemain uang kripto baru 3,5 juta orang.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi pernah mengatakan bahwa nilai transaksi invetasi kripto di Indonesia hingga Agustus tahun ini mencapai Rp 375 triliun. Jumlahnya naik lima kali lipat dibandingkan akhir tahun lalu yang sebesar Rp 70 triliun.

“Banyak Gen Z yang saat ini mulai melirik kripto sebagai salah satu portofolio investasi,” ujar CEO PT Comodo Matic Decentralized, Afran Sitorus dalam keterangan resminya.

Melihat tren tersebut, kata Afran, pihaknya pun mengeluarkan aset kripto bernama Comodo Coin.

“Kami hadir sebagai pemain baru di tengah pasar yang sedang bertumbuh, apalagi saat ini token kripto lokal belum banyak pilihan,” lanjut Afran.

Diluncurkan perdana di Kota Medan pada 12 Agustus 2021 lalu, lanjut Afran, Comodo Coin berjalan di jaringan BSC (Binance Smart Chain). Berada di dalam jaringan BEP-20, standar token pada BSC memungkinkan terjadinya transaksi berkecepatan tinggi namun dengan biaya rendah.

Afran melanjutkan, Comodo juga mengadopsi model Hybird Decentralized Finance (DEFi).

“Comodo juga memiliki web platform aset kripto, yaitu www.comodo.finance. Untuk memiliki koin ini, investor bisa langsung mengaksesnya di web tersebut. Per 25 Agustus 2021, dilansir dari coinmarketcap, harga koin Comodo saat ini berada di kisaran 0,0017 rupiah. Angka ini naik 2,5 persen dalam 24 jam terakhir,” tutup Afran. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan