Joe Biden Berikan Penghormatan Terakhir Kepada Tentara AS yang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Kabul

AFP – Presiden AS Joe Biden sedang menuju ke Pangkalan Angkatan Udara Dover pada hari Minggu untuk menghormati anggota militer AS yang tewas dalam serangan bom bunuh diri selama evakuasi warga sipil dari bandara Kabul pekan lalu.

Sebuah bom bunuh diri Daesh di luar bandara Kabul pada hari Kamis menewaskan puluhan warga Afghanistan dan 13 tentara Amerika.

Biden diperkirakan akan menerima jenazah anggota militer yang diterbangkan kembali ke Amerika Serikat. Keluarga dari pasukan itu juga diharapkan hadir.

Serangan hari Kamis, yang diklaim oleh Daesh-K, afiliasi Daesh di Afghanistan, adalah insiden paling mematikan bagi anggota militer AS di Afghanistan dalam satu dekade.

Pemboman itu terjadi tepat di luar gerbang bandara, tempat ribuan orang berkumpul untuk mencoba melarikan diri sejak Taliban kembali berkuasa pada 15 Agustus.

Kemajuan cepat Taliban di seluruh negeri di tengah penarikan pasukan Amerika dan sekutu, dan adegan kacau di bandara telah memberi Biden tantangan kebijakan luar negeri terbesarnya hingga saat ini.

Biden telah bersumpah untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab atas bom bandara. Militer AS mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah membunuh dua militan Daesh-K dalam serangan pesawat tak berawak di Afghanistan. (AFP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan