Petani Perlu Pendampingan dan Solusi untuk Budi Daya Pertanian Berkelanjutan

Selanjutnya, ada juga akses permodalan dan perlindungan risiko pertanian serta adanya offtaker atau jaminan pasar bagi petani.

Program ini juga telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas pada komoditas jagung dan padi yang masing-masing sebesar hingga 42 persen dan 34 persen. Begitu juga dari sisi keuntungan petani terjadi adanya kenaikan yaitu untuk petani jagung sebesar hingga 52 persen dan petani padi sebesar hingga 41 persen.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman, mengatakan bahwa dengan meningkatnya keuntungan, daya beli juga meningkat sehingga petani memiliki kemampuan membeli pupuk non subsidi. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan program ini yaitu bagaimana  pemanfaatan pupuk non subsidi untuk produktivitas pertanian.

Hingga Juli 2021, tercatat luas tanam program Makmur sudah mencapai 29.619 hektare dengan akuisisi petani tercatat 25.775 orang. PT Pupuk Indonesia menargetkan pada tahun 2022 , total luas tanam program Makmur bisa mencapai 250,000 hektare dengan penjualan pupuk non subsidi mencapai 125,000 ton.

Kenaikan bertahap ini diharapkan terus berjalan sehingga di tahun 2024 bisa dicapai 4 juta hektar dengan target jumlah petani yang terlibat juga mencapai 4 juta orang.

(Jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan