Jelang Akhir Tahun, Proyek Pembangunan Stadion Sangkuriang Belum ada Pemenang Lelang

CIMAHI – Jelang memasuki akhir tahun, Proyek revitalisasi Stadion Sangkurian Kota Cimahi belum terlihat tanda-tanda mulai pembangunan. Padahal, proyek yang mendapat bantuan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional itu sudah masuk dalam tender lelang.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi Budi Raharja mengatakan, revitalisasi Stadion Sangkuriang Kota Cimahi ditargetkan akan dimulai pekan depan.

Untuk merevitalisasi stadion yang kini berusia 47 tahun itu, Disbudparpora Kota Cimahi telah dianggarkan Rp 110 miliar tahun ini.

Dia menuturkan, untuk pembangunan akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama pembangunan diawali dengan pengerjaan basement. Pada tahap kedua nanti, berlanjut pada pembangunan tribun dan yang lainnya.

“Nah untuk proses finishing kemungkinan akan dimulai di tahun depan,” kata Budi saat dihubungi, Minggu (29/8).

Budi memastikan, proses tahapan lelang fisik revitalisasi stadion bersejarah itu diperkirakan memakan waktu sekitar sebulan. Artinya, jika pekan depan dokumen lelang masuk, maka pertengahan September akan ada pemenang tender jika sesuai jadwal.

“Lelang paling lama sebulan. Mudah-mudahan pertengahan Agustus sudah ada pemenang lelang, jadi bisa dimulai (fisik),” sebut Budi.

Kendati luas lahan Stadion Sangkuriang Cimahi terbatas, kata Budi, secara desain pembangunan tetap mengacu konsep stadion modern.

“Dari sisi lahan kan (Stadion Sangkuriang) terbatas hanya 12.000 meter dan kapasitas tribun penonton untuk 5000 orang. Nanti juga ada lapangan basket outdoor,” katanya.

Sebelumnya, Disbudparpora sudah melakukan review revitalisasi Stadion Sangkuriang yang dilakukan pihak ketiga. Review dilakukan terhadap Detail Engineering Design (DED) yang sudah dibuat beberapa tahun lalu.

Budi melanjutkan, secara keseluruhan revitalisasi Stadion Sangkuriang itu dianggarkan sekitar Rp Rp 273 miliar.

“Nanti insya allah pada tahun depan sisanya yang Rp 163 miliar akan dibantu lagi oleh provinsi Jawa Barat,” ucap Budi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, Pemkot Cimahi saat ini tengah mengoptimalkan pembangunan. Salahsatunya adalah pembangunan Stadion Sangkuriang.

“Kota Cimahi saat ini melakukan pembangunan-pembangunan seperti jalan Underpass Dustira, ECO Wisata, Layanan Fisiknya sudah dilelang, Stadion Sangkuriang Minggu depan mulai dilelang,” pungkasnya. (fer/red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan