Besok, 65 Sekolah di Jakarta Utara Laksanakan PTM Terbatas

JAKARTA – Sebanyak 65 satuan pendidikan terdiri dari Taman Kanak-kanak, pendidikan dasar, menengah dan menengah atas di Jakarta Utara melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai Senin (30/8).

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara, Sri Rahayu Asih Subekti dalam keterangannya di Jakarta, Ahad, mengatakan, sebanyak 26 sekolah berada di Kecamatan Tanjung Priok, Pademangan dan Penjaringan.

Sedangkan Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara Purwanto mengatakan, 39 sekolah, baik negeri maupun swasta di kecamatan Cilincing, Koja dan Kelapa Gading juga melaksanakan PTM Terbatas.

Seluruhnya tercatat dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 883 Tahun 2021 Tentang Penetapan Satuan Pendidikan yang melaksanakan PTM Terbatas Pembelajaran Campuran Tahap 1 Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sri memastikan setiap sekolah yang mengajukan sudah melalui proses asesmen (penilaian evaluasi).

Begitu pun, baik kepala sekolah maupun tenaga pendidik (guru) harus mengantongi sertifikasi pembelajaran campuran (blended learning) yang diterapkan dalam PTM terbatas.

Pelaksanaan PTM terbatas ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Pelajaran yang membutuhkan praktek seperti olahraga masih ditiadakan atau tetap secara dalam jaringan (daring).

“Praktik hanya dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Sekolah yang melaksanakan PTM ini pun harus sudah mengantongi izin orang tua atau wali siswa untuk mengikuti PTM terbatas.

“Salah satu syarat lainnya orang tua harus memberikan izin kepada anaknya untuk mengikuti PTM terbatas. Jika tidak, maka anak tetap mengikutinya secara daring saja,” kata Purwanto.

Daftar sekolah di enam Kecamatan se-Jakarta Utara yang menjalani PTM Terbatas mulai Senin, sebagai berikut:

Kecamatan Tanjung Priok
1. SD Lentera Kasih Jakarta Utara
2. SD Negeri Sunter Agung 13 Pagi
3. SD Negeri Tanjung Priok 01 Pagi
4. SMP Lentera Kasih
5. SMA Lentera Kasih
6. SMA Swasta Jubilee
7. SMA Swasta Kristen Ipeka Sunter
8. SMK Swasta Yayasan Pendidikan Pengajaran Dewasa (Yappenda) Jakarta
9. SMA Swasta Yappenda
10. SMK Negeri 12 Jakarta
11. SMK Swasta Gunung Jati Jakarta

Kecamatan Pademangan
1. SD Negeri Pademangan Barat 11 Pagi
2. SD Bunda Mulia School
3. SD Negeri Pademangan Timur 06 Pagi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan