Pemkab Karawang Sasar 100 Ibu Hamil untuk Divaksin

KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menargetkan sebanyak 100 ibu hamil akan mengikuti vaksinasi COVID-19, untuk menekan risiko penularan COVID-19 terhadap ibu hamil.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Jumat menjelaskan saat ini program vaksinasi di daerahnya sudah menyasar ibu hamil.

Tujuannya ialah untuk menekan risiko angka penularan COVID-19 terhadap ibu hamil. Selain itu juga untuk mendukung percepatan capaian vaksinasi di Karawang.

Menurut dia, saat ini tercatat sebanyak 100 ibu hamil sudah terdaftar dan akan mengikuti vaksin.

“Bagi ibu hamil yang ingin divaksin tapi belum mendaftar, bisa menghubungi kantor kecamatan setempat,” katanya.

Bupati menyampaikan kalau vaksinasi untuk ibu hamil itu tidak beresiko. Jadi ibu hamil tidak perlu khawatir untuk divaksin.

“Vaksin itu aman untuk ibu hamil, bahkan bisa melindungi ibu hamil dari bahaya COVID-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Karawang, Yayuk Sri Rahayu mengatakan, ibu hamil tak perlu khawatir untuk menerima vaksin COVID-19 karena itu sudah sesuai rekomendasi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia.

Menurut dia, ibu hamil yang terinfeksi COVID-19 bisa menimbulkan peningkatan risiko bergejala berat dan kemungkinan bisa berdampak terhadap janin dalam kandungan.

Atas hal tersebut, pemberian vaksin kepada ibu hamil cukup penting untuk meminimalisasi gejala berat jika terinfeksi.

Yayuk menyampaikan, jenis vaksin bagi ibu hamil adalah vaksin platform Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac.

“Tapi untuk jenis vaksinnya itu akan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin,” demikian Yayuk Sri Rahayu. (antara/red)

Ilustrasi suntik vaksin COVID-19 di Kabupaten Karawang, Jabar. (FOTO ANTARA/Ali Khumaini/dok)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan