KPU Akan Menyederhanakan Desain Surat Suara Pemilu 2024

JAKARTA – Rencana penyederhanaan surat suara untuk Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyosialisasikan ke KPU provinsi dan KPU kab/kota. Untuk memberikan pemahaman yang sama terkait desain surat suara. Juga masukan sebelum disampaikan kepada DPR dan pemerintah.

Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan, pentingnya inovasi menghadapi Pemilu Serentak 2024. Pengalaman menyelenggarakan Pemilu Serentak 2019 harus bisa mengantisipasi berulang kelelahan petugas seperti yang terjadi sebelumnya.

Ilham juga menyampaikan bahwa penyederhanaan surat suara untuk memberikan kemudahan bagi pemilih saat menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penyederhanaan surat suara ini harus lebih baik dari pemilu sebelumnya. “Upaya KPU menyederhanakan itu bukanlah sesuatu yang ahistoris, bahkan lebih jauh lagi kita perlu menimbang kenapa sejak 2004 kita melakukan pendekatan dengan surat suara besar,” ujarnya.

Implementasi dari kebijakan ini, nantinya juga akan ada di daerah. KPU provinsi akan supervisi bagaimana KPU kab/kota, jajaran ad hoc kita bisa mengimplementasikan dengan baik.

“Kita sebagai leader harus berpikir ke depan, inovatif, kita tahu masalahnya maka kita harus cari jalan keluarnya. Apa yang kita kerjakan hari ini untuk mengatasi masalah tanpa muncul masalah baru,” tuturnya, dikutip Kamis (26/8). (Fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan