Jelang Libur Akhir Pekan, Polisi Sekat Lembang dan Padalarang

LEMBANG – Jajaran Satlantas Polres Cimahi bakal melakukan penyekatan kendaraan wisatawan yang bakal masuk ke wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Penyekatan dilakukan di Lembang dan Padalarang.

Pada libur akhir pekan ini berpotensi terjadi lonjakan kunjungan ke kawasan wisata Bandung Barat, terutama Lembang. Meskipun saat ini objek wisata masih belum diizinkan buka lantaran perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Namun penginapan, kafe, dan restoran sudah beroperasi.

“Untuk antisipasi libur akhir pekan ini, kita akan laksanakan penyekatan di Padalarang dan Lembang menjaring kendaraan wisatawan,” ungkap Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto, Jumat (27/8).

Ia menyebut ada potensi peningkatan volume kendaraan ke kawasan wisata Lembang. Apalagi banyak masyarakat yang saat ini telah divaksinasi sehingga masyarakat merasa aman.

“Sekarang saja bisa kita lihat kondisi jalan raya itu padat, mobilitas diperkirakan sudah 80 persen bahkan hampir normal. Jadi vaksinasi juga berpengaruh pada peningkatan mobilitas masyarakat,” bebernya.

Pihaknya mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan kelengkapan surat tes PCR serta bukti vaksinasi minimal dosis I bagi pelaku perjalanan. Apabila ditemukan pengendara tak mengantongi surat tersebut akan diputarbalikkan.

“Pengendara dicek hasil vaksin dan PCR-nya. Kalau misalnya tidak bawa akan kita putarbalikkan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) KBB Heri Partomo mengatakan wacana pembukaan kembali objek wisata tengah dibahas bersama Satgas Penanganan Covid-19 Bandung Barat.

“Kemarin rencana seperti itu (dibuka) kebijakannya. Tapi nanti apakah kebijakannya seperti apa, kalau memang dimungkinkan untuk dibuka dengan ketentuan seperti apa nanti disampaikan lagi,” kata Heri. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan