Resiko Ibu Hamil Terpapar Covid-19 Tinggi, Vaksinasi Mesti Digencarkan

BANDUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 bagi Ibu hamil. Sebab, kelompok tersebut memiliki peningkatan resiko menjadi berat jika terpapar Covid-19. Terlebih, vaksinasi bagi ibu hamil telah direkomendasikan komite penasehat ahli imunisasi nasional.

“Ibu hamil merupakan golongan yang rentan terinfeksi Covid-19, karenanya vaksinasi terhadap mereka sangat penting untuk segera dilakukan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Nina Susana Dewi, Selasa (24/8).

Pihaknya mendata, terdapat sebanyak 193.479 ibu hamil dalam usia kehamilan 13-34 minggu di Jabar. Namun, baru 3.419 yang telah menerima vaksinasi dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua, hanya 12 ibu hamil yang sudah disuntik vaksin.

“Untuk percepatan vaksinasi, perlunya partisipasi dari semua sektor baik pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk bisa bersama-sama menggerakan para ibu hamil agar datang ke pos vaksinasi terdekat,” imbuhnya.

Selain itu, kematian yang merenggut ibu hamil akibat Covid-19 di 27 Kabupaten/Kota di Jabar per 23 Agustus tercatat sudah sebanyak 300 orang.

Maka dari itu, Nina mengimbau kepada para ibu hamil untuk tidak takut divaksin. Sebab, vaksin sangat dibutuhkan bagi ibu dan anak yang dikandungnya.

“Vaksin Covid-19 aman bagi ibu hamil, karena dengan vaksin akan menjadikan sehat, baik untuk ibunya maupun sehat untuk anak yang dikandungnya,” tutupnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan