Penyaluran Bansos Belum 100 Persen, Begini Penjelasan Sekda Bandung

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memastikan bahwa penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) bagi 60 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa tuntas.

Sampai saat ini, bantuan berupa uang tunai 500 ribu tersebut telah tersalurkan kepada 59.600 KPM.

“Jadi kalau Bansos 30 miliar itu udah selesai ya, walaupun kita tidak jadi yang diterima itu 59 ribuanlah, jadi artinya hanya 99 persen,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna di Pendopo Kota Bandung, Senin (23/8).

Ema lantas menjelaskan, tidak tercapainya angka 100 persen dalam penyaluran bansos tersebut terjadi karena beberapa hal.

Dia mengatakan, secara umum penyebabnya adalah calon penerima yang tidak lolos verifikasi dan validasi data.

“Ternyata ada yang keluar (tidak lolos) dari verifikasi saat divalidasi. Jadi uang yang didistribusikan itu kurang lebih 29,9 miliar,” ungkapnya.

Meski begitu, Ema tetap mengapresiasi Dinas Sosial (Dinsos) sebagai pihak yang telah bekerja keras dalam menyukseskan distribusi Bansos PPKM tersebut. Menurutnya, angka realisasi distribusi Bansos yang mendekati 100 patut untuk diapresiasi.

“Tapi saya pikir itu kan sudah cukup luar biasa ya, dari yang kita targetkan. Realisasinya 99 mendekati 100 persen, saya pikir sudah sangat baik,”pungkasnya. (Mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan