6.000 Disabilitas di Jabar yang Dapat Vaksinasi Covid-19

BANDUNG – Dinas sosial (Dinsos) Jabar mengungkapkan sebanyak 6.000 disabiltas di Jawa Barat telah mendapat vaksinasi Covid-19. Target sasaran vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas mencapai 121.648 jiwa.

Kepala Dinsos Jabar Dodo Suhendar mengatakan, penyandang disabilitas akan mendapatkan pendampingan selama proses penyuntikan vaksin Covid-19. Para pendamping juga diperbolehkan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas dilakukan dengan memperhatikan jenis disabilitasnya dan dapat divaksin di sentra vaksin yang ada di Jabar serta fasilitas kesehatan masyarakat,” ujar Dodo berdasarkan keterangannya, Senin (23/8).

Dia melanjutkan, apabila penyandang disabilitas belum terdaftar sebagai calon penerima vaksin, mereka dapat menghubungi Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Dodo kemudian menegaskan bahwa Pemprov Jabar tidak pilah-pilih soal pemberian vaksin ke masyarakat.

“Penyandang disabilitas termasuk kelompok rawan terpapar Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas terus dilakukan.” ujarnya.

Pihaknya intens berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Jabar dan Pemda Kabupaten/Kota di Jabar untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas.

“Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Jabar juga menambah tempat penyuntikan vaksin Covid-19 bagi penyandang disabilitas, baik di SLB-SLB maupun puskesmas,” katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya vaksinasi bagi penyandang disabiltas dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan melindungi penyandang disabilitas dari Covid-19.

“Selanjutnya agar penyandang disabilitas dapat bekerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan