Baidu Kenalkan Prototipe Robocar Tanpa Pengemudi dengan Kemampuan Super Canggih

Perusahaan Raksasa mesin pencarian internet China Baidu Inc,  belum lama ini meluncurkan prototipe robocar self-driving L5 pertamanya.

Uniknya Robocar ini tanpa kemudi, melainkan dengan platform layanan mengemudi otonomatis dengan nama Luobo Kuaipao.

CEO Baidu Robin Li mengatakan, kendaraan masa depan ini akan menjadi robocars yang memiliki kemampuan mengemudi otonom L5 dengan kemampuan pengenalan suara dan wajah.

‘’Kendaraan ini mampu menganalisis kebutuhan potensial pengguna, serta kemampuan belajar mandiri dan peningkatan diri berkelanjutan,’’ kata Robin Li.

Menurutnya, mengemudi otonom dikategorikan dari L1 hingga L5. Semakin tinggi levelnya, semakin cerdas teknologinya. L5 mewakili mengemudi sepenuhnya otonomatis.

Robocar kemungkinan bakal diminati dan merebut pasar kendaraan konvensional. Sebab dari segi penampilan, ia memiliki pintu sayap camar otomatis, atap kaca dan sensor eksternal.

‘’Tidak ada kemudi dan pedal di kendaraan Robocar dan memiliki konfigurasi cerdas seperti layar melengkung besar, konsol cerdas, dan kursi tanpa gravitasi,’’ katanya.

Perusahaan yang berbasis di Beijing ini, telah banyak berinvestasi dalam teknologi self-driving. Hingga saat ini, layanan robotaxi-nya telah diluncurkan di Changsha, Cangzhou, Beijing dan Guangzhou, melayani lebih dari 400.000 penumpang dengan  jarak tempuh pengujian melebihi 14 juta kilometer pada akhir Juni.

Baidu telah membuka layanan robotaxi tanpa pengemudi sepenuhnya kepada publik di Beijing, di mana pengguna dapat memanggil robotaxi tanpa pengemudi yang aman di belakang kemudi.

‘’Dia juga berencana untuk memperluas robotaxis penumpangnya ke 30 kota di seluruh negeri dalam dua hingga tiga tahun ke depan,’’pungkas dia. (cgtn/red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan