Peringatan HUT RI Ke-76, RK Ajak Masyarakat Lawan Pandemi Covid-19

BANDUNG – Memperingati hari kemerdekaan RI ke 76, Pemerintah provinsi (Pemprov) Jabar
menggelar upacara pengibaran bendera secara terbatas di Gedung sate Kota Bandung, Selasa (17/8). Dalam pidatonya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menggaris bawahi negara Indonesia merupakan bangsa yang tidak mudah menyerah dalam merebut kemerdekaan.

“Perjuangan ini tidak hanya milik kelompok, namun melibatkan semua sumber daya yang ada,” ujar Emil.

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut serta bergotong-royong dalam melawan pandemi Covid-19. Dia mencontohkan para veteran pahlawan perang bangsa yang kala itu bersama-sama mengusir penjajah dari tanah air.

“Jika pada masa revolusi kemerdekaan kita memiliki senasib dan sepenanggungan, maka di masa pandemi ini senasib dan sepenanggungan bergotong royong mengatasi pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Emil melanjutkan peringatan kemerdekaan 17 Agustus menjadi momentum menguatkan kembali identitas, persatuan, persaudaraan dan kebangsaan serta pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila.

Dia menegaskan bahwa kemerdekaan merupakan sesuatu yang bernilai tinggi sehingga harus diperjuangkan. Dia mencontohkan beberapa negara seperti Palestina yang hingga kini masih terus berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan.

“Kita adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan dan para pendahulu kita. Jangan pernah kita menganggap kecil capaian-capaian bangsa ini dalam perjuangannya. Kita juga bisa melihat sendiri penderitaan luar biasa yang dialami saudara-suadara kita di Palestina hingga detik ini,” pungkas Emil. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan