Pemkot Cimahi Siapkan Bingkisan untuk Ratusan Penyandang Disabilitas Beres Vaksinasi

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bakal menyasar penyandang disabilitas untuk disuntikan vaksin COVID-19. Ada sebanyak 693 orang yang menjadi sasaran menggunakan vaksin jenis Sinopharm.

Vaksinasi untuk para penyandang disabilitas bakal dilaksanakan serentak pada Senin (16/8/2021) di enam titik guna memudahkan mobilitas para penyandang disabilitas.

“Jumlah disabilitas sebanyak 693 yang baru akan di vaksin,” kata Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, Fitriani Manan saat dihubung, Minggu (15/8).

Tujuh tempat pelaksanaan vaksin akan disesuaikan dengan domisili para penyandang disabilitas di Kota Cimahi, yakni di Puskesmas terdekat. “Jadi sebagai mobilitas pelayanan kita vaksinasinya di beberapa Puskesmas,” ucap Fitriani.

Dikatakan Fitriani, sebelum disuntikan vaksin Covid-19, para penyandang disabilitas akan dilakukan proses skrining. “Namun dalam screening kita lakukan dengan lebih hati-hati, sama seperti kepada lansia atau yang mempunyai komorbid,” jelasnya.

Fitriani melanjutkan, nantinya setelah divaksin para penyandang disabilitas akan diberikan bingkisan sederhana hasil menabung yang disisihkan dari para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Bidang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi Muhamad Dwihadi Isnalini mengatakan, proses skrining terhadap para penyandang disabilitas ini sama saja seperti pada umumnya.

“Hanya saja nanti mereka kan ada pendampingnya. Untuk petugas proses skrining nya sama saja, hanya akan lebih hati-hati,” ujarnya.

Berikut 6 Titik Lokasi Pelaksanaan Vaksin Covid-19 untuk Para Penyandang Disabilitas

1. Di kantor Kecamatan Cimahi Utara, untuk warga Cipageran, Citeureup, Cibabat dan Pasirkliki
2. Kecamatan selatan untuk warga Utama, Leuwigajah dan Cibeber
3. Kecamata Cimahi Tengah untuk warga Karangmekar, Cimahi, Padasuka dan Setiamanah.
4. Dikelurahan Baros untuk warga Cigugur dan Baros
5. Di Puskesmas Melong Asih untuk warga Melong
6. Di Puskesmas Pembantu Cibeureum untuk warga Cibeureum

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan