Kejar Herd Immunity, Ridwan Kamil Minta Percepat Vaksinasi

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil meminta percepatan dan perluasan vaksinasi COVID-19 di Jabar agar dipercepat. Hal itu dilakukan agar kekebalan komunal atau herd immunity dapat terbentuk pada akhir tahun ini.

“Saat kedaruratan sedang turun gunung kita kebut namanya vaksinasi sampai Desember, sehingga kita berharap di bulan Januari 2022 tidak ada lagi kedaruratan, vaksinasinya sudah tercapai yang ada adalah adaptasi,” tutur Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Kota Bandung, Jumat (13/8).

Untuk merealisasikan hal itu, Pemerintah Provinsi akan memaksimalkan layanan di puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Jabar.

Dia menambahkan, kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi faktor penting untuk menggelar sentra-sentra vaksinasi maupun vaksinasi massal. Dua kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecepatan penyuntikan vaksin COVID-19 di Jabar.

“Cara pertama memaksimalkan infrastruktur pemerintah puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Yang kedua mengajak pihak ketiga menyelenggarakan sentra-sentra vaksinasi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah penyuntikan vaksin setiap harinya dimana saat ini penyuntikan vaksin COVID-19 sudah mencapai hampir 150.000 dosis.

“Tiga bulan lalu per hari hanya 50 ribu, hari ini sudah naik tiga kali lipat, hampir 150 ribu. Tapi, karena penduduknya paling banyak kita harus mengejar 400 ribu per hari. Oleh karena itu kami memohon suplai vaksin Jawa Barat harus sejumlah proporsional dengan jumlah penduduk,” bebernya.

Dia meminta agar Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan COVID-19 Jabar untuk memantau pelaksanaan vaksinasi di 27 kabupaten/kota supaya pencapaiannya dapat merata.

“Kita akan motivasi daerah-daerah yang masih rendah pelaksanaan vaksinasinya dan mengejar target 400 ribu per hari itu merata,” tutupnya. (boy)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan