Ingin Promosi Manjur Lewat Media Sosial? Ini Tipsnya

JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan memang memaksa berbagai aktivitas, khususnya bisnis, berpindah ke digital. Media sosial adalah salah satu platform yang digunakan untuk berbisnis.

Kendati sebagian besar sudah memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, namun tidak semua pebisnis mendapat omzet besar. Keefektifan mereka dalam berpromosi di media sosial menjadi pembedanya.

Lantas, bagaimana cara yang manjur berpromosi di media sosial?

Berikut adalah tujuh tipsnya, dikutip dari keterangan resmi Ninja Express:

1. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

Setiap orang punya preferensi, termasuk ketika memilih platform media sosial yang digunakan. Di sinilah perlunya mengetahui ‘kolam’ yang akan dipilih, apakah target market banyak yang bermain di kolam Facebook, LinkedIn, Instagram atau justru mereka asik bermain di kolam TikTok.

Bagaimana cara mengetahuinya?

Tentukan target market atau sasaran pasar secara spesifik terlebih dahulu. Bisa dengan membuat Buyer Persona secara simpel, misalnya gambaran target market secara spesifik dengan menuliskan nama, usia, pendidikan, kondisi keuangan (penghasilan), isu apa yang menarik bagi dia, nilai apa yang dia cari ketika membeli sebuah produk, dan setelahnya akan tahu target market yang diincar ini aktif di media sosial apa.

2. Pastikan Konten Menarik

Setelah mengetahui media sosial apa yang digunakan target market, tugas selanjutnya adalah membuat konten yang menarik.

Poin penting di sini adalah konten yang dibuat sebisa mungkin relate dengan isu yang mereka minati sehingga konten akan dianggap penting oleh mereka dan secara tidak langsung menarik mereka untuk membeli produk dari brand.

Tapi perlu diingat, konten yang dibuat sesuai dengan taste mereka dan memenuhi standar keren versi target audiens atau target market, bukan hanya keren versi pemilik brand. Misalnya, target audiens mayoritas suka dengan K-Pop, maka bisa juga membuat konten seputar K-Pop. Bisa juga riding the wave isu-isu terkini, sehingga konten yang dibuat akan up to date.

3. Apresiasi Konten dari Followers

Salah satu strategi marketing yang autentik adalah User Generated Content yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan di media sosial. Studi di tahun 2017, menunjukan bahwa UGC memiliki pengaruh hingga 97 persen kepada pembeli online berusia 18 – 30 tahun terhadap keputusan pembelian.

Tinggalkan Balasan