Sampah Menumpuk di Wilayah Cicalengka Bandung, Tiga Desa Saling Tuding

CICALENGKA – Persoalan sampah masih menjadi tugas bersama, baik dari pihak pemerintah juga masyarakat.

Terkait hal itu, berdasarkan pantauan Jabar Ekspres di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, terlihat adanya sampah yang menumpuk. Selain menimbulkan aroma tak sedap, tumpukan sampah juga sangat mengganggu pandangan.

Adapun lokasi tumpukan sampah tersebut berada di perbatasan tiga desa, yaitu Margaasih, Cicalengka Wetan, dan Desa Waluya.

Jabar Ekspres pun mendatangi Sekretaris Desa Margaasih, Ayi Sutisna untuk konfirmasi.

“Itu masuknya wilayah (Desa) Waluya, memang perbatasan dengan Waluya dan juga (Desa) Cicalengka Wetan,” kata Ayi kepada Jabar Ekspres di ruang kerjanya, Kamis (28/7) kemarin.

Menurut Ayi, wilayah Desa Margaasih memang sempat ada tumpukan sampah, namun bukan di lokasi perbatasan yang dimaksud.

“Pernah ada sampah banyak numpuk, tapi tempatnya bukan di sana, lokasinya ada deket belokan ke arah kantor desa, deket jembatan sungai,” ujar Ayi.

Sementara itu, Jabar Ekspres juga mendatangi Desa Waluya untuk mengkonfirmasi kejelasan lokasi tumpukan sampah tersebut.

Sekretaris Desa Waluya, Beni Yogaswara saat ditemui Jabar Ekspres di kantor desa, beberap waktu lalu.
Sekretaris Desa Waluya, Beni Yogaswara saat ditemui Jabar Ekspres di kantor desa, beberapa waktu lalu.

Sekretaris Desa Waluya, Beni Yogaswara mengatakan, sampah yang banyak berserakan itu bukan ada di wilayahnya, melainkan termasuk ke daerah Desa Cicalengka Wetan.

“Kalau gak salah ini masuk wilayah (Desa Cicalengka) Wetan, bukan Waluya. Tapi saya nanti coba cek ke lokasi,” ucap Beni di ruang kerjanya, Senin (2/8).

Pengecekan lokasi tumpukan sampah tersebut, dijelaskan Beni, guna memastikan keberadaan sampah tersebut berada di wilayah Desa Waluya atau termasuk ke desa yang lain.

Hal itu disebabkan lokasi tumpukan sampah berada tepat di perbatasan tiga desa yang ada di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

“Khawatir masuk wilayah kita, jadi saya coba pastikan nanti cek ke lokasi, walaupun sepertinya bukan masuk daerah Waluya tapi supaya jelas, saya coba periksa ke sana,” pungkas Beni.

Guna memastikan kejelasan tumpukan sampah yang mengganggu lingkungan tersebut, Jabar Ekspres pun menghubungi Sekretaris Desa Cicalengka Wetan, Ardhi Saehari untuk konfirmasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan