Malam Langit Gelap, LAPAN Sumedang Akan Amati 2 Planet di Hari Keantariksaan Nasional

SUMEDANG – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kabupaten Sumedang tengah melakukan persiapan Malam Langit Gelap pada Jumat (6/8). Diketahui, Malam Langit Gelap merupakan kegiatan rutin untuk memperingati Hari Keantariksaan Nasional yang jatuh pada hari ini, 6 Agustus.

Terkait hal itu, Pengawas Antariksa, Shinta Rohmahtika, 28, mengatakan bahwa LAPAN Kabupaten Sumedang akan mengamati dua planet di Hari Keantariksaan Nasional.

“Persiapan paling alat, tadi udah simulasi kita mau amati Jupiter dan Saturnus,” ujar Shinta kepada Jabar Ekspres di lokasi.

Ia menerangkan, pelaksanaan Malam Langit Gelap di Hari Keantariksaan Nasional tengah mencapai tahap persiapan materi. Sebab, nanti LAPAN Sumedang akan melakukan pengamatan sambil live streaming. Kegiatan tersebut merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu masyarakat.

“Kemarin sudah simulasi, sekarang tinggal persiapan materi-materi karena nanti sambil live streaming,” pungkasnya.

Bagi masyarakat yang ingin melihat pengamatan dua planet yang dilakukan di Hari Keantariksaan Nasional, live streaming dapat disaksikan di kanal Youtube LAPAN Sumedang.

Alat yang nanti akan digunakan untuk pengamatan adalah teropong bintang Celestron 11 inci. Teropong milik LAPAN Sumedang tersebut dapat melakukan pembesaran hingga 150 kali.

“Sebelum pengamatan kita persiapan alat juga. Kita pakai Celestron 11 inci, itu teleskop paling besar di Kabupaten Sumedang,” imbuh Shinta.

“Teknis pengamatan ada dua orang, teknis Youtube satu orang, narasumber dua orang dan pembawa acara dua orang, mulai 19.30 sampai 21.00 WIB untuk live streaming,”lanjutnya.

Saat ini LAPAN Kabupaten Sumedang memiliki tiga teleskop bintang. Di antaranya Celestron 8 inci, 11 inci, dan Lunt Enginering yang dapat dibawa kemana-mana.

“Kita yang udah teramati Saturnus dan Jupiter, sempat Venus, tapi masih belum fokus,” kata Shinta.

Malam Langit Gelap merupakan kampanye di mana masyarakat dapat menghemat listrik dan mematikan lampu untuk mengurangi polusi cahaya yang seringkali menjadi penghalang bagi pengamatan langit.

Dalam rangka memperingati Hari Keantariksaan Nasional, malam ini, selama satu jam, LAPAN Sumedang mengajak masyarakat untuk mematikan lampu dan menikmati langit gelap berbintang.

“Harapannya dengan kampanye Malam Langit Gelap, dengan mematikan lampu, dapat membuat langit lebih terang,” tutupnya. (bas)

Tinggalkan Balasan