Dinkes Cimahi Persiapkan 3 Rumah Sakit Untuk Vaksin Ibu Hamil

CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi saat ini sedang mempersiapkan jatah dosis vaksin pada ibu hamil. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Cimahi, Mohammad Dwihadi Isnalini mengatakan, saat ini baru mendapatkan vaksin tambahan dan sempat tersisa untuk dosis kedua. Rencananya pada ibu hamil ini pelaksanaannya akan lakukan di rumah sakit.

“Untuk yang ibu hamil ini kita baru mempaketkan untuk pelayanannya jadi rencananya untuk ibu hamil ini akan dilaksanakan pelayanannya dirumah sakit jadi apabila nanti ada permasalahan dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) langsung bisa dilaksanakan di rumah sakit,” ujar Dwihadi, Kamis (5/8).

Dinkes Kota Cimahi akan menghitung jumlah ibu hamil yang ada di Kota Cimahi. Pihaknya juga akan persiapkan tiga rumah sakit.

“Nanti kita siapkan di tiga rumah sakit. Rencana kita persiapkan yaitu rumah sakit cibabat, rumah sakit mitra kasih, dan rumah sakit dustira sebagai awal pelayanan pada ibu hamil,” katanya.

Namun ia menjelaskan jenis vaksin yang akan digunakan masih belum bisa ditentukan karena untuk jumlah dosis masih dirundingkan.

“Tapi kalau jumlah dosisnya itu masih kita rundingkan karena apakah kita boleh menggunakan jenis-jenis vaksin lainnya yang tertera saat ini di kota cimahi kita mendapatkan vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm (khusus disabilitas). Untuk yang Sinovac yang rencananya karena kita lihat jumlah yang dikirimkan dan juga tidak terlalu banyak sehingga kita bisa menyelesaikan dosis dua dulu dan mungkin ditambah dosis satu terutama untuk anak sekolah,” jelasnya.

“Untuk ibu hamil akan kita siapkan apakah bisa dengan AstraZeneca kalau memang itu bisa mungkin kita akan persiapkan nanti untuk pelayanan penyuntikan vaksin pada ibu hamil kita sedang mempersiapkan pada jumlah dari ibu hamilnya dan penunjang masyarakat yang lainnya mempunyai data tersebut,” sambung Dwihadi.

Pihaknya akan mencoba mendistribusikan jenis-jenis dosis vaksin yang tertera dengan tiga rumah sakit tersebut. Jumlah dosis yang diberikan pada ibu hamil tergantung pada ketersediaannya dosis vaksin yang saat ini masih ada.

Menurutnya, pada bulan Oktober mendatang jenis vaksin Sinovac tersisa 4 juta lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan