Kini Anak-Anak, Ibu Hamil dan Menyusui Masuk Prioritas Vaksinasi

JAKARTA – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi anak, ibu hamil dan ibu menyusui sebagai upaya penanganan Covid-19. Di mana kategori tersebut kini masuk dalam prioritas vaksinasi.

“Kita perlu bersyukur karena (sudah ada) vaksin Covid-19 baik untuk ibu hamil, ibu meyusui dan anak dari usia 12 tahun keatas,” terang Menteri PPPA Bintang Puspayoga dikutip, Selasa (3/8).

Ia mengungkapkan, dalam menyelesaikan pandemi Covid-19, semua pihak harus berperan bersama dan saling bergotong royong. Mulai dari mentaati protokol kesehatan hingga melakukan vaksinasi yang masih banyak dipertentangkan di masyarakat.

“Masih banyak masyarakat yang ragu mendapatkan vaksinasi. Dari berbagai informasi, salah satu isu yang paling berkembang adalah keraguan dari sisi agama dan keamanan,” tuturnya.

Menjawab keraguan masyarakat tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Iris Rengganis pun menyampaikan bahwa melaksanakan vaksinasi kepada ibu hamil, ibu menyusui dan anak sangat penting, terlebih adanya mutasi virus Covid-19 mulai bermunculan.

“CDC (Centers for Disease Control and Prevention) merekomendasikan vaksinasi untuk ibu hamil, karena ibu hamil menjadi salah satu individu dengan risiko gejala lebih berat jika terkena Covid-19,” sebutnya.

Memberikan vaksin untuk ibu hamil ini mempertimbangkan risiko terjadinya penyakit berat yang bisa dialami. Saran dilakukan vaksinasi adalah kehamilan dalam kondisi baik dan usia kehamilan ada di atas 12 minggu.

Sedangkan rekomendasi vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun, Iris menerangkan bahwa anak berisiko rendah, namun tetap penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan keluarga.

“Sementara usia 12 tahun kebawah masih terus diteliti dan diharapkan kedepan akan mendapat hasil terbaik bagi anak,” imbuhnya.

Perlu diketahui juga, untuk dapat membatasi penyebaran virus, hal utama yang harus dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

(Jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan