Panglima TNI Minta Tiap Daerah Punya Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid-19

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meminta tiap daerah memiliki fasilitas isolasi terpusat (isoter) untuk para suspek dan pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan. Keberadaan isoter sangat penting untuk mengurangi beban rumah sakit.

“Isolasi terpusat ini bertujuan menampung pasien COVID-19 dan memberikan pelayanan terbaik seperti adanya tenaga kesehatan, adanya fasilitas dan dilengkapi dengan obat-obatan termasuk di dalamnya tabung oksigen,” ujarnya dalam keterangannya dikutip dari laman resmi TNI, Minggu (25/7).

Dikatakannya, jika ada lonjakan kasus, maka tiap daerah siap menampung para pasien di tempat-tempat isoter tersebut. Langkah ini merupakan salah satu cara memutus rantai penularan COVID-19 dan menekan laju penyebaran penyakit.

Dia juga menyebut isoter dapat memberi pelayanan kesehatan bagi pasien COVID-19, antara lain memberi obat bagi mereka yang membutuhkan.

“Selain untuk melayani pasien, isolasi terpusat ini juga dapat memberikan obat untuk masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi,” ucapnya.

Di samping sarana isoter, Hadi juga mengatakan vaksinasi dan kegiatan pelacakan (tracing) secara aktif juga dapat membantu menurunkan jumlah penderita COVID-19.

“TNI dan Polri akan mendukung kegiatan vaksinasi dan pelacakan suspek dan pasien positif COVID-19 di daerah-daerah,” katanya.(gw/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan