oleh

Sering Pakai Masker Sampai Jadi Berjerawat? Begini Tips Menanganinya

DEPOK – Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUI. Dr. dr. Irma Bernadette menyampaikan di era pandemi penggunaan masker sudah menjadi gaya hidup.

Akibat kebiasaan baru ini, muncul beberapa permasalahan kulit yang terjadi. Salah satunya yaitu mask acne atau jerawat yang timbul akibat penggunaan masker.

“Kasus mask acne tidak terjadi pada semua orang, biasanya hal ini dialami oleh orang-orang yang acne-prone atau sudah mengalami jerawat sejak pandemi,” ujar dr. Irma dalam keterangannya, Sabtu, (13/2), dilansir dari Antara.

Tips Menangani Mask Acne

Untuk mencegah mask acne, dokter Irma memberikan beberapa saran. Yaitu dengan mengganti masker rutin tiap 3 jam sekali.

Selain itu, sebelum mengganti dengan masker yang baru, sebaiknya cuci dulu wajah dengan sabun. Jika menggunakan masker kain, pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat, misalnya bahan katun.

Selain itu hindari penggunaan foundation atau bedak yang tebal saat menggunakan masker. Pasien yang sedang berjerawat sebaiknya juga menghindari atau mengurangi penggunaan sunscreen (terutama pada kondisi jerawat yang sedang atau berat). Sebab, sunscreen bersifat oklusif atau menutup pori sehingga ia tidak menganjurkannya.

Untuk menghindari paparan radiasi sinar UV jika tidak menggunakan sunscreen pada orang yang berjerawat, masker dapat menjadi pelindung atau dapat menggunakan payung dan topi.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga