oleh

522 Orang di Kota Cimahi Terjangkit Virus HIV/AIDS, Juni 2021 Tambah 8 Kasus

CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan seks bebas. Sebab prilaku negatif tersebut bisa memicu penularan HIV/AIDS.

Berdasarkan data Dinkes Kota Cimahi, kasus temuan HIV/AIDS di Kota Cimahi mencapai 522 orang. Jumlah itu terdata sejak tahun 2005 hingga tahun 2020. Sementara yang terdata tahun 2021 sampai Juni ada 8 kasus.

Pemegang Program HIV-AIDS dan IMS pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Mulyono menjelaskan, penyebab utama penularan HIV/AIDS di Kota Cimahi itu karena seks bebas yang tidak aman (tidak mengenakan kondom). Baik hubungan sesama jenis alias Laki Seks Laki (LSL) maupun lawan jenis.

Baca Juga:  Gratis! Besok, BPBD Jabar Gelar Sentra Vaksinasi di Kota Cimahi

“Ada juga yang dari pengguna narkoba suntik,” ucap Mulyono, Kamis (22/7).

Ia mengungkapkan, setiap tahunnya temuan penderita HIV/AIDS di Kota Cimahi selalu ada. Hal itu diketahui berdasarkan test HIV yang dilakukan pada populasi berisiko tinggi.

Seperti pada Wanita Pekerja Seks (WPS), waria, LSL hingga pengguna narkoba suntik. Selain itu, pengecekan dilakukan terhadap penderita Tb, ibu hamil yang diinisiasi petugas kesehatan.

Ditegaskannya, HIV/AIDS sendiri tidak bisa disembuhkan. Penderita hanya akan diberikan obat seumur hidup untuk menambah daya tahan tubuh. “HIV tidak bisa disembuhkan. Minum obat seumur hidup, supaya virusnya tidak berkembang,” bebernya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga